EURO: Kiev Pesta Pora Usai Kandaskan Swedia

id euro kiev, pesta pora, usai kandaskan swedia

Kiev, Ukraina, (antarariau) - Ribuan orang Ukraina berpesta pora, berteriak, bernyanyi dan berjoget ria Senin tengah malam (Selas WIB) di Kiev, setelah tuan rumah kompetisi Euro 2012 itu mengalahkan Swedia pada pertandingan pembuka.

Penyerang veteran Ukraina Andrei Shevchenko merupakan pahlawan dalam pertandingan satu setengah jam itu, dengan memborong dua gol untuk mengantar kemenangan timnya 2-1 atas Swedia.

Kemenangan itu membuat Ukraina berada di puncak klasemen sementara penyisihan grup, setelah pertandingan lain antara Prancis dan Inggris berkesudahan imbang 1-1.

"Kita menang!," teriak seorang anak muda sembari memeluk ayahnya, ketika wasit membunyikan pluit panjang pada akhir pertandingan Senin tengah malam.

Ia merupakan salah satu dari ribuan pendukung tim nasional negara itu, yang berkumpul di berbagai tempat termasuk di tepi jalan di tengah kota Kiev, sedangkan di lapangan-lapangan dipasang layar lebar.

Banyak di antara mereka yang melambai-lambaikan bendera nasional berwarna biru kuning, sedangkan di tangan satunya memegang botol dan kaleng bir yang mereka tenggak.

Di beberapa jalan protokol terdengar suara klakson mobil saling bersahutan sementara dari jendela-jendela rumah dan gedung berkibar-kibar bendera mereka.

Bahkan polisi-polisi yang berjaga di berbagai tempat terlihat tidak dapat menyembunyikan rasa suka cita mereka atas kemenangan pada pertandingan keras mereka di Euro 2012 yang dituanrumahi bersama Polandia dan Ukraina.

Para politisi Ukraina pun tidak lepas dari rasa bahagia atas kemenangan tim negara mereka, yang dirasa amat membanggakan dan membangkitkan semangat itu.

Presiden Viktor Yanukovych juga menyaksikan pertandingan di Kiev, yang oleh media lokal disebutkan sebagai "kemenangan brilian" itu.

"Ya kita berhasil melakukannya," komentar Menteri Luar Negeri Arseni Yatsenyuk melalui akun facebooknya.