EURO: Ceko Terpukul Cederanya Rosicky

id euro ceko, terpukul cederanya rosicky

Wroclaw, Polandia, (antarariau) - Kegembiraan pelatih Republik Ceko, Michael Bilek, terhadap kemenangan 2-1 yang diraih timnya atas Yunani di pertandingan Grup A Piala Eropa 2012 pada Selasa waktu setempat, diredam oleh kekhawatiran terhadap cedera yang diderita kapten tim, Tomas Rosicky.

Bintang Arsenal berusia 31 tahun ini memang dikenal sebagai pemain yang rentan cedera di sepanjang karirnya, namun ia tampil bagus di babak pertama sebelum tidak dimainkan pada babak kedua karena cedera otot tendon achilles.

Ketika petugas pers untuk tim Ceko mengatakan kondisi Rosicky '50-50' untuk pertandingan fase grup terakhir melawan tuan rumah Polandia, Bilak memilih untuk menunggu dan berharap pemindaian pada Rabu akan memberikan cerita yang berbeda.

"Tomas Rosicky mendapat cedera dan sulit untuk mengungkapkan seberapa parah (cedera) tersebut saat ini, kami hanya berharap ia akan baik-baik saja," kata Bilek.

"Kami akan melihatnya besok, ia akan menjalani pemindaian, namun (masalah) ini mengganggu sebab ia adalah pemain kunci. Sangat sulit bagi kami di babak kedua, sebab Rosicky tidak dapat dimainkan."

Rosicky, yang mendapat julukan 'Mozart Kecil' datang ke turnamen ini dengan membawa cedera betis yang didapatnya dari pertandingan terakhir musim di Liga Inggris bulan lalu, namun ia dinyatakan cukup bugar dan dapat dimainkan saat Ceko kalah 1-4 dari Rusia di pertandingan pertama.

Kemenangan Ceko membuat mereka mengoleksi tiga poin dengan satu pertandingan tersisa di grup melawan Polandia, yang menantang Rusia pada pertandingan Selasa malam waktu setempat atau Rabu dini hari WIB, sedangkan Yunani memiliki peluang yang sangat kecil untuk mencapai babak delapan besar karena hanya mampu mengumpulkan satu poin.