EURO: Ceko Berpeluang Besar Dampingi Rusia

id euro ceko berpeluang besar dampingi rusia

Wroclaw, Polandia, (antarariau) - Republik Ceko menjaga peluang mereka untuk lolos ke perempat final Piala Eropa 2012, ketika mereka mengalahkan Yunani 2-1 pada pertandingan Grup A, Selasa waktu setempat.

Kemenangan ini bukan hanya memberi tiga poin kepada Ceko dengan satu pertandingan tersisa, di mana mereka akan menghadapi Polandia, namun ini juga merupakan aksi balas dendam untuk kekalahan mereka dari Yunani pada semifinal Piala Eropa 2004.

Yunani - yang merupakan juara Piala Eropa 2004 - baru mengumpulkan satu poin, dan pada pertandingan terakhir mereka akan berhadapan dengan Rusia - yang mengalahkan Republik Ceko 4-1 pada pertandingan pembuka.

"Kami telah melakukannya, gol itu benar-benar penting, dan kami sekarang sangat bahagia," kata Jiracek.

"Setelah lima menit kami berada di atas, para penonton mendorong kami untuk maju, namun kemudian kami terjatuh di babak kedua dan harus bertarung sampai akhir (pertandingan)."

"Kami tidak boleh puas, kami tahu bahwa kami harus bekerja keras. Sekarang kami akan fokus pada pertandingan terakhir melawan Polandia, yang akan sangat penting, dan kami harus mengatasinya."

Ceko membuat awal sempurna dengan mencetak dua gol pada enam menit pertama pertandingan, melalui gol yang dibukukan Petr Jiracek dan Vaclav Pilar.

Yunani mengancam untuk mampu bangkit pada tujuh menit bergulirnya babak kedua, ketika kiper Ceko, Petr Cech, gagal menangkap bola dengan sempurna sehingga membuat Fanis Gekas mampu melepaskan sepakan menembus gawang Ceko.

Ceko mengambil keuntungan dari keputusan Yunani memainkan opsi pilihan kedua di jantung pertahanan dengan menduetkan Kostas Katsouranis dan Kyriakos Papadopoulos, yang menggantikan Avraam Padadopoulos (cedera) dan Socratis Papastathopoulos (terkena sanksi).

Gol pertama dibukukan Jiracek saat ia mendapat umpan sempurna dari Thomas Hubschman, kemudian pemain Wolfsburg tersebut berlari dan menuju bola dan melepaskan tembakan yang tidak dapat dibendung kiper Yunani, Costas Chalkias.

Chalkias layak disalahkan atas gol kedua Ceko tiga menit kemudian, karena ia gagal memotong umpan tarik Gebre Selassie, dan dengan lambatnya reaksi dua bek tengah Yunani, Vaclav Pilar, meluncur untuk menempatkan bola di dalam gawang.

Sore tidak membahagiakan bagi Chalkias berakhir prematur ketika ia harus meninggalkan lapangan pada menit ke-22 karena cedera, dan digantikan oleh Michalis Sapikis.

Sapikis membuktikan diri saat ia melakukan dua penyelamatan bagus di babak pertama, untuk menggagalkan peluang Rosicky dan Jiracek.

Bagaimanapun, babak kedua tidak berlangsung baik bagi Rosicky, yang harus digantikan setelah dirinya menderita cedera otot tendon Achilles.

Yunani yang gembira dengan hilangnya pemain paling berpengaruh di kubu Ceko, mencoba menekan agar dapat mencetak gol balasan.

Usaha mereka berbuah hasil saat Cech melakukan kesalahan, di mana ia bertubrukan dengan Tomas Sivok saat sedang berupaya memotong umpan silang, bola kemudian lepas dari tangkapannya dan jatuh ke kaki Fanis Gekas, yang tanpa kesulitan mencetak gol ke gawang Ceko.

Rusia akan menantang tim tuan rumah, Polandia, yang baru mengumpulkan satu poin setelah bermain imbang 1-1 dengan Yunani, pada pertandingan Selasa malam waktu setempat atau Rabu dini hari WIB.