Petinju Riau Diuntungkan Dengan Kejuaraan Di Banten

id petinju riau, diuntungkan dengan, kejuaraan di banten

Petinju Riau Diuntungkan Dengan Kejuaraan Di Banten

Pekanbaru, (antarariau) - Kejuaraan Terbuka Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Banten, yang digelar di Serpong, Kota Tangerang Selatan, menguntungkan para petinju Riau, karena dapat mempersiapkan diri secara matang merebut gelar juara.

"Meski kejuaraan tinju di Banten itu ditunda, tapi setidaknya menguntungkan bagi atlet kami karena ada persiapan lebih lama," kata Sekretaris Umum Pengprov Pertina Riau Frans Sirait di Pekanbaru, Rabu.

Pernyataan Frans Sirait tersebut sehubungan Kejuaraan Pertina Banten yang sudah dijadwal pada tanggal 11-15 Juni 2012 akhirnya diundur menjadi 22-25 Juni 2012 di Serpong, Tangerang.

Menurut dia, bahwa pihaknya mempunyai persiapan waktu atas pengunduran jadwal kejuaraan di Banten tersebut dan para petinju dengan semangat untuk naik ring.

Akibat pertandingan itu ditunda, maka petinju dari Jambi dan Sumbar batal mengikuti kejuaraan tersebut dengan alasan lebih fokus pada pertandingan serupa di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.

Sedangkan Kabupaten Kuantan Singingi telah ditetapkan oleh Pengurus Besar (PB) PON yang digelar pada 9-20 September 2012 sebagai arena pertandingan cabang tinju.

Namun tim lain yang ikut kejuaraan di Serpong tersebut yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau maupun tuan rumah Banten.

Walau begitu, petinju putra Riau yang diturunkan masing-masing Togap kelas 49 kg, Dominggus kelas 52 kg, Wawan (60 kg), Tison (64 kg), Egi (69 kg), Yunus Pane (91 kg), Eko Hardianto (81 kg), Jon Erikson (75 kg) serta Topas (56 kg).

Selain itu, juga menurunkan petinju putri diantaranya Sutini kelas 48 kg, Marican (51 kg), Warni Halawa (54 kg), Rasmi (57 kg), Leni (60 kg), Elfi (64 kg).

Sebelumnya, petinju Riau mengincar gelar juara umum pada kejuaraan terbuka di Tangerang, dengan perkiraan telah mengetahui kekuatan lawan dari pertandingan terdahulu.

Ketua Umum Pengprov Pertina Riau, Robin P Hutagalung mengatakan bahwa pihaknya sudah mempunyai tekad untuk merebut gelar juara umum di Tangerang.

Pengurus KONI Riau menetapkan cabang tinju untuk menyumbangkan medali sebanyak mungkin pada PON XVIII bersama cabang lain diantaranya renang, atletik, senam, sepatu roda maupun balap sepeda.