EURO: Rusia Dan Polandia Terancam Hukuman

id euro rusia, dan polandia, terancam hukuman

Warsawa, Polandia, (antarariau) - Tuan rumah Euro 2012 Polandia diperingati dan terancam hukuman dari UEFA karena kembang api yang dilemparkan ke lapangan pada pertandingan Grup A melawan Rusia, demikian diumumkan badan sepak bola Eropa UEFA, Rabu waktu setempat.

UEFA menyatakan dalam pernyataannya, mereka akan mengambil langkah lanjut juga kepada Rusia dengan alasan sama, selain ada spanduk dengan kata-kata menghasut dan ada penonton yang masuk ke lapangan pada laga Selasa di Warsawa.

Tapi aksi disiplin itu tidak akan "berpengaruh langsung" kendati ada insiden sama yang terjadi dalam laga Rusia melawan Republik Ceko Jumat lalu, kata panitia pertandingan.

UEFA sebelumnya, Rabu, mengatakan mereka menjatuhkan hukuman denda kepada federasi sepak bola Rusia, sebesar 120.000 euro (150.000 dolar - 96.000 pound) dan mengancam mengurangi enam poin mereka pada penyisihan kejuaraan Eropa berikutnya, bila terjadi hal sama.

Para pendukung Rusia menyalakan kembang api ketika mereka menang 4-1 lawan Ceko di Wroclaw, di selatan Polandia, sedangkan bendera "Kerajaan Rusia" berkibar di stadion.

Bendera itu dapat dianggap sebagai aksi provokasi di negara Eropa Timur yang sebelumnya di bawah kendali Moskow, termasuk Polandia, dan hal itu dilaporkan badan pengamat rasialisme UEFA.

Empat petugas sukarelawan di stadion dipukul sehingga harus mendapat perawatan di rumah sakit.

Kedua kasus itu akan diperhitungkan dan terus dalam pengamatan, kata UEFA.