EURO: Marwijk Sebut Pertahanan Belanda Rapuh

id euro marwijk, sebut pertahanan, belanda rapuh

Kharkiv, Ukraina, (antarariau) - Pelatih Bert van Marwijk mengatakan pertahanan tim Oranye itu kurang solid sehingga kalah 1-2 atas Jerman, merupakan kekalahan kedua mereka pada pernyisihan Euro 2012 yang berlangsung Rabu malam waktu setempat.

Gol pada babak pertama yang dibuat striker Mario Gomez membuat Jerman berhasil mengontrol permainan, sebelum pemain depan Belanda Robin van Persie menyamakan kedudukan pada sisa 15 menit pertandingan di Grup B itu.

Empat bek kondang Belanda - Gregory van der Wiel dari Ajax, pemain dari Everton John Heitinga, pemain Malaga Joris Mathijsen dan pemain Eindhoven Jetro Willems, tidak berhasil meredam gerakan lincah Gomez, pemain bintang dari Bayern Muncih yang kini sudah mencetak tiga gol dalam Euro 2012.

Setelah kalah mengejutkan 0-1 atas Denmark Sabtu lalu, tim finalis Piala Dunia asuhan Van Marwijk itu harus mengalahkan Portugal di Kharkiv pada laga Minggu, sembari berharap Jerman mengalahkan Denmark, agar tidak terdepak lebih dini dari penyisihan Grup B.

Setelah berusaha melakukan gempuran pada paruh waktu pertama dengan menurunkan pemain tengah dari Tottenham Hotspur Rafael van der Vaart dan striker dari Schalke Klaas-Jan Huntelaar, Van Marwijk mengatakan, pemain bertahannya yang menyebabkan lawan lolos.

"Kami kecewa dengan kekalahan ini. Kami mengawalinya dengan baik pada 20 menit awal dan kami memiliki peluang. Gol pertama Jerman itu sebenarnya tidak harus terjadi," kata Van Marwijk yang berusia 60 tahun, yang membawa Belanda ke babak final Piala Dunia 2010.

"Kami membiarkan jarak terlalu jauh dan kami seperti tidak punya keberanian hari ini, khususnya di bagian bertahan," katanya.

"Kami harus tetap percaya pada diri sendiri dan tetap berjuang. Sayang, hal itu tidak terlihat hari ini," katanya.

"Jerman memiliki beberapa masalah, khususnya setelah terjadi gol Van Persie," katanya.

"Kami lebih berani di depan tapi kami kurang kuat atau kurang berani di lini pertahanan," katanya.

Van Marwijk mengatakan, Belanda kini memiliki hutang kepada para pendukung mereka yang datang dari jauh, untuk menundukkan Portugal yang dikomandoi Cristiano Ronaldo, agar tim mereka memiliki peluang untuk maju ke putaran delapan besar, Minggu.

"Kami masih memiliki kesempatan untuk maju dan kami harus percaya pada peluang itu," kata pelatih itu.

"Ribuan pendukung kami datang menyaksikan pertandingan dan kami harus menunjukkan hasil bagus untuk mereka. Kami harus mengalahkan Portugal untuk membuka peluang kami," katanya.

Setelah juga kalah atas Jerman di Hamburg November lalu ketika pasukan Joachim Loew itu menang 3-0, Van Marwijk mengatakan Jerman

menunjukkan status mereka di antara tim favorit dalam turnamen itu.

"Jerman merupakan tim bagus, itu terlihat setelah mereka memiliki banyak pemain bagus," kata bos tim nasional Belanda itu.

"Mereka amat kreatif dan bisa menciptakan gol dalam suasana sulit. Mereka merupakan tim favorit dan pantas mendapatkan hal itu," kata pelatih Belanda itu.