EURO: Spanyol Lumat Irlandia 4 Gol

id euro spanyol, lumat irlandia, 4 gol

EURO: Spanyol Lumat Irlandia 4 Gol

Jakarta (antarariau) - Sang juara bertahan Piala Eropa, Spanyol membuktikan kekuatan timnya. La Furia Roja berhasil menyudutkan Irlandia 4-0 pada laga Grup C Piala Eropa 2012 di Gdanks., Polandia.

Keempat gol itu diciptakan oleh Torres (menit 4 dan 70), Silva (49), dan Fabregas (83).

Babak kedua

Pelatih Irlandia Giovanni Trapattoni terlihat tidak tenang di babak kedua. Spanyol tidak memberi ampun kepada timnya.

Serangan La Furia Roja sangat intensif membuat lini belakang Irlandia dan kiper Shay Given ketar-ketir.

Setelah akhirnya mendapat celah dari tembok rapat Irlandia, David Silva menambah angka untuk Spanyol lewat gol pada menit 49.

Sontekan Silva berhasil menembus gawang Given walaupun sudah dihalangi tiga pemain belakang Irlandia. Kedudukan menjadi 2-0.

Sebelas menit kemudian The Boys in Green mendapat peluang untuk membobol gawang Casillas, namun berhasil ditepis. Peluang yang sama terjadi di menit 63, sayangnya lini belakang La Furia Roja sulit dikoyak.

Saat serangan balik terjadi, lini belakang Irlandia terlambat kembali ke posisinya. Torres pun berduel dengan Given.

Penjaga gawang 36 tahun itu tidak mampu menahan tendangan Torres. Gol ketiga untuk Spanyol akhirnya tercipta di menit 70.

Selang empat menit, Torres yang sudah bermain cemerlang diperbolehkan beristirahat dan digantikan Fabregas.

Kehadiran Fabregas membawa tambahan angka bagi La Furia Roja. Fabregas berhasil mencetak gol keempat untuk Spanyol di menit 83.

Nyanyian "Fields of Athenry" dari para pendukung The Boys in Green makin bergema kencang menjelang peluit babak kedua berbunyi.

Mereka berharap itu akan menyuntikkan semangat untuk pemain Irlandia yang masih berusaha habis-habisan menembus tembok pertahanan La Furia Roja. Sayang, Irlandia tak berkutik di bawah Spanyol hingga peluit berbunyi.

Babak kedua berakhir dengan Spanyol unggul 4-0 atas Irlandia. Namun para pendukung Irlandia masih bernyanyi kencang seakan menghargai usaha The Boys in Green bertahan dari gempuran juara bertahan Piala Eropa dan Piala Dunia itu.

ESPN mencatat Spanyol menguasai bola sebanyak 76 persen. La Furia Roja berhasil membuat peluang gol sebanyak 27 kali, kontras dengan Irlandia yang hanya sanggup memproduksi 6 kesempatan.

Lima kartu kuning dibagikan untuk Xabi Alonso dan Javi Martinez dari Spanyol, Sean St. Ledger, Glenn Whelan, dan Robbie Keane dari Irlandia.

Tak pelak lagi Fernando Torres menjadi bintang lapangan atau Man of the Match pada pertandingan ini.

"Torres luar biasa malam ini, benar-benar terlihat setajam yang pernah dilihat dalam 18 bulan terakhir," tulis ESPN.com.

Dia menciptakan gol yang luar biasa, bertahan dan menekan dengan sama baiknya.

"Akan menarik untuk dilihat nanti apakah formasi Del Bosque ini dimainkan pada laga melawan Kroasia nanti," tulis ESPN.com lagi.