EURO: UEFA Hukum Rusia Dan Polandia

id euro uefa, hukum rusia, dan polandia

Warsawa, Polandia, (antarariau) - Federasi sepak bola Rusia dan Polandia pada Minggu waktu setempat dijatuhi denda sebesar 30.000 euro dan 4.000 euro karena sejumlah insiden yang melibatkan pendukung mereka di Piala Eropa 2012, demikian pernyataan UEFA.

Badan sepak bola Eropa mengatakan bahwa Rusia dijatuhi sanksi karena 'penonton yang menyalakan dan melemparkan kembang api, menampilkan spanduk-spanduk terlarang, dan memasuki lapangan,' ketika kedua tim bertemu Selasa silam.

Rusia telah didenda sebesar 120.000 euro dan terancam pengurangan enam poin dari perjalanan mereka di kualifikasi Kejuaraan Eropa selanjutnya untuk kompetisi 2016 di Prancis, jika pendukung mereka kembali membuat masalah serius.

Hukuman tersebut mengikuti insiden-insiden serupa serta penyerangan terhadap empat petugas stadion di pertandingan pembuka Rusia di Grup A melawan Republik Ceko di Wroclaw, Barat daya Polandia, pada 8 Juni.

Bendera-bendera 'Kekaisaran Rusia' - yang merupakan hal provokatif di Eropa Timur dan digunakan untuk menyatukan daerah-daerah di sana di bawah kekuasaan Moskow, termasuk Polandia - juga terlihat di tribun penonton.

UEFA dalam pernyataan di situs resminya, menyebutkan bahwa sanksi denda terakhir 'tidak berdampak apapun terhadap penundaan pengurangan poin.'

Asosiasi Sepak bola Polandia (PZPN) juga dihukum akibat ulah pendukung mereka yang menyalakan kembang api, pada pertandingan di Warsawa, yang berakhir imbang 1-1.

Baik Rusia maupun Polandia gagal lolos ke babak perempat final turnamen ini, yang dilangsungkan di Polandia dan negara tetangga, Ukraina.