EURO: Marwijk Resmi Mundur Tangani Timnas Belanda

id euro marwijk, resmi mundur, tangani timnas belanda

Den Haag, (antarariau) - Bert van Marwijk mengundurkan diri sebagai pelatih Belanda, setelah timnya tersingkir di putaran pertama kejuaraan sepak bola Eropa, demikian diumumkan Federasi Sepak bola Belanda (KNVB) pada Rabu (Kamis WIB).

Pernyataan yang tercantum di situs resmi KNVB berbunyi, "Berdasarkan inisiatif Bert van Marwijk, KNVB dan Bert van Marwijk pada Rabu memutuskan untuk mengakhiri kontrak sang pelatih dengan dampak langsung."

Kontrak pelatih 60 tahun ini sejatinya akan berlaku sampai Kejuaraan Eropa 2016.

Pengunduran diri Van Marwijk menyusul perjalanan mengecewakan Belanda di Piala Eropa 2012, di mana Oranje tersingkir di fase grup tanpa meraih satu poin pun.

Van Marwijk berkata bahwa dirinya merasa "bertanggung jawab" setelah timnya menelan kekalahan di ketiga pertandingan Grup B dari Jerman, Denmark, dan Portugal untuk menghuni dasar klasemen.

"Saya diliputi sejumlah keraguan, namun harus memutuskan untuk mengambil langkah ini," demikian pernyataan Van Marwijk.

Di bawah asuhannya, Oranje hanya menelan empat kekalahan dari 45 pertandingan.

Ketua KNVB, Bert van Oostveen, menambahkan, "KNVB berterima kasih pada Van Marwijk. Ia tampil sangat baik pada final Piala Dunia dan membawa kami ke tempat pertama di peringkat FIFA."

"Secara pribadi, saya memiliki perasaan yang sangat bagus mengenai kerja sama kami. Tentu saja menyedihkan untuk berpisah seperti ini, namun kami harus realistis."

Sejak menjuarai Piala Eropa 1988, Belanda telah mencapai tiga semifinal dan empat kali mencapai perempat final.