Astra Bongkar Ratusan Mobil Di Pelabuhan Dumai

id astra bongkar, ratusan mobil, di pelabuhan dumai

Astra Bongkar Ratusan Mobil Di Pelabuhan Dumai

Dumai, (antarariau) - Sebanyak 203 mobil milik PT Agung Automal dari Jakarta transit dan melakukan bongkar muat di dermaga C, pelabuhan PT Pelindo I Cabang Dumai, Provinsi Riau, Kamis (28/6).

Menurut Kepala Bidang Lalulintas Laut pada Kantor Adpel Dumai, Syafaruddin, Jumat, bongkar muat kendaraan roda empat ini merupakan kali ke 4 dalam setahun dan dibawa dari Pelabuhan Tanjung Priok dengan menggunakan kapal Sumatera Leader.

Sebelumnya, ratusan mobil milik PT Astra Jakarta juga sudah pernah bongkar muat di wilayah lingkungan kerja pelabuhan Pelindo Dumai.

"Kedatangan ratusan mobil ini sudah ada diregister Adpel dan sejauh ini tidak ada masalah dalam proses transit mereka di pelabuhan, selagi semua perizinan dari bea cukai setempat lengkap," kata Syafaruddin.

Dia menjelaskan, usai bongkar muat, mobil selanjutnya akan dibawa ke daerah pemasaran di sejumlah dealer yang ada di Kota Duri, Kabupaten Bengkalis dan Kota Pekanbaru.

Pihak Adpel ditegaskannya, tidak mengurusi perizinan melainkan memastikan kondisi kapal yang membawa mobil dalam keadaan layak dan memenuhi faktor keselamatan.

Menjadikan pelabuhan Dumai menjadi daerah transit bongkar muat mobil, lanjutnya, karena berdasarkan pertimbangan rendahnya biaya transportasi dan operasional serta jarak tempuh yang lebih singkat dibandingkan jalur darat.

Selain itu, karena posisi Kota Dumai strategis dan berdekatan dengan sejumlah kawasan potensi pemasaran. Disamping juga memandang alasan lebih terjamin keselamatan perjalanan dengan menggunakan armada jalur laut.

"Tren menggunakan jalur laut juga bisa memuat unit kendaraan dalam jumlah yang besar dan kualitas produk lebih terjaga. Kebijakan pemangku kepentingan dan pelaku usaha pelayaran juga menentukan mulai bergairahnya aktivitas bongkar muat kendaraan di pelabuhan tersebut," jelasnya.