EURO: Spanyol Cetak Sejarah Pertahankan Gelar

id euro spanyol, cetak sejarah, pertahankan gelar

Kiev, Ukraina, (antarariau) - Juara bertahan Spanyol mengamankan gelar turnamen utama ketiga berturut-turut saat mereka mengalahkan Italia 4-0 pada final Piala Eropa 2012, Minggu (Senin dini hari WIB).

Ini merupakan kemenangan terbesar pada sejarah turnamen ini - melampaui keberhasilan Jerman Barat menang 3-0 atas Uni Soviet pada 1972.

Gol-gol yang dibukukan David Silva dan Jordi Alba membawa sang juara dunia meraih keunggulan 2-0 pada babak pertama, saat Spanyol mencetak lebih banyak gol untuk pertama kalinya di babak sistem gugur turnamen ini.

Gol-gol tambahan didapat dari pemain pengganti, Fernando Torres dan Juan Mata - semenit setelah ia masuk lapangan - di saat Italia harus bermain dengan sepuluh pemain pada 30 menit terakhir karena mereka telah menggunakan semua jatah pemain penggantinya.

Spanyol memecah kebuntuan pada menit ke-14, di saat Cesc Fabregas memberi umpan pada Silva, yang menanduk bola masuk ke gawang Italia.

Italia semakin terpuruk saat Alba, yang tampil bagus sepanjang turnamen ini, mendapat umpan terobosan bagus dari Xavi, dan menggandakan keunggulan Spanyol.

Cedera Thiago Motta pada menit ke-61, di saat dirinya baru bermain sebagai pemain pengganti ketiga, membuat Italia harus bermain dengan sepuluh pemain, dan memudahkan Torres serta Mata menyempurnakan kemenangan Spanyol.