EURO: Duo Chelsea Sempurnakan Pesta Spanyol

id euro duo, chelsea sempurnakan, pesta spanyol

Pekanbaru, (antarariau) - Sebuah akhir yang indah Euro 2012 untuk dua punggawa Chelsea di timnas Spanyol, Fernando Torres dan Juan Mata.

Pasangan Chelsea itu semula harus puas sebagai penghangat bangku cadangan pada awal turnamen di Kiev itu dan hanya bisa menonton rekan mereka, Jordi Alba dan David Silva mencetak dua gol menjelang turun minum. Torres masuk saat pertandingan hanya menyisakan seperempat jam, namun berhasil mengubah skor menjadi 3-0.

Pesta masih berlanjut, 5 menit jelang peluit akhir waktu normal, Del Bosque memasukkan pemain Chelsea lainnya Juan Mata. Tak butuh waktu lama, tiga menit kemudian dia menyelesaikan umpan Torres dan membenamkan Italia 4 gol tanpa balas.

Torehan 3 gol Torres membawanya sejajar dengan Balotelli (Italia), Dzagoev (Rusia), Gomez (Jerman), Mandzukic (Kroasia), Ronaldo (Portugal) dalam jajaran top skorer. Sebuah assistnya kepada Juan Mata membuat ayah dari Nora dan Leo ini menyabet sepatu emas, mengungguli sesama pencetak 3 gol.

Di pihak lawan, Italia bukannya tanpa kesempatan sama sekali. Setidaknya ada empat tembakan tepat sasaran selama pertandingan, termasuk beberapa upaya yang baik namun tidak bisa mengalahkan Iker Casillas.

Cideranya palang pintu Italia, Giorgio Chiellini di menit 21 dituding oleh beberapa pengamat sebagai salah satu penyebab kegagalan Azzuri. Meskipun Prandelli kemudian memasukkan bek Palermo, Federico Balzaretti, namun Spanyol tetap leluasa membombardir pertahanan mereka.

Italia makin terpuruk karena harus bermain dengan sepuluh pemain setelah gelandang kelahiran Sao Paulo, Brasil, Thiago Motta harus ditandu keluar lapangan pada menit ke 61, karena cedera. Ironisnya, jatah pergantian pemain sudah habis terpakai, dan Motta adalah pemain terakhir menggunakan jatah itu saat masuk menggantikan Montolivo.

Sepanjang permainan, Tim Matador tidak mengendurkan permainan dengan menguasai 58 persen bola. Meski Italia melawan cukup sengit, hingga wasit asal Portugal, Pedro Proenca meniup peluit tak ada gol balasan tercipta ke gawang Casillas.