AFC: Australia Raih Poin Sempurna Atas Garuda Muda

id afc australia, raih poin, sempurna atas, garuda muda

AFC: Australia Raih Poin Sempurna Atas Garuda Muda

Pekanbaru, (antarariau) - Timnas Australia mampu merain poin sempurna pada pertandingan perdana kualifikasi Piala Asia U-22 Grup E di Stadion Utama Riau, Kamis, setelah mengalahkan tuan rumah Indonesia, 1-0.

Gol tunggal pemain Australia itu tercipta melalui sundulan Anthony Proia pada perpanjangan waktu babak pertama dan membawa anak asuh Paul Okon mampu mengemas tiga poin.

Pada babak pertama sebenarnya Timnas Garuda Muda yang diasuh oleh Aji Santoso dan mendapatkan dukungan dari puluhan ribu suporter terlihat lebih dominan Terbukti pada menit ke-3 Andik Vermansyah langsung mengancam gawang lawan meski bola masih melebar.

Begitu juga dengan lawan, meski ditekan, anak asuh Paul Okon juga tidak kalah garangnya. Beberapa peluang berhasil diraih yang salah satunya melalui Giancarlo Gallifuoco. Namun, tendangannya masih melenceng di sisi kiri gawang Aji Saka.

Tingginya tempo permainan yang diperagakan membuat pemain Australia sedikit kelelahan sehingga wasit menghentikan pertandingan pada menit ke-18 untuk turun minum sekitar satu menit. Selanjutnya, pertandingan diteruskan.

Habis rehat sejenak, Tim Garuda Muda kembali garang. Gempuran demi gempuran dilakukan. Peluang terbaik didapat pada menit ke-25. Hanya saja tendangan bebas Andik Vermansyah masih bisa ditepis oleh Nicholas Munro. Begitu pula, tendangan Agung Supriyanto pada menit ke-33 yang melambung.

Peluang emas justru diraih oleh Australia melalui Anthony Proia pada menit ke-40. Meski tinggal berhadapan dengan kiper, pergerakannya mampu dibaca oleh Aji Saka dengan baik.

Pemain dengan nomor punggung 14 akhirnya mampu menjebol gawang Indonesia pada perpanjang waktu babak pertama sehingga membawa timnya unggul 1-0.

Memasuki babak kedua pertandingan sedikit molor karena penyangga belakang gawang terlepas dan terpaksa harus diikat dengan papan nama sponsor. Setelah diperbaiki, akhirnya pertandingan kembali dilanjutkan.

Meski pada pertandingan ini Timnas Garuda Muda hanya didampingi asisten pelatih, semangat Hendra Adi Bayauw dan kawan-kawan tidak kendur. Upaya menyamakan kedudukan terus dilakukan meski beberapa kali pertahanan sendiri sempat kedodoran.

Memasuki pertengan babak kedua serangan gencar kembali dilakukan. Satu peluang emas mampu diraih pemain Agung Supriyanyo, hanya saja peluang itu tidak dimanfaatkan dengan baik.

Kondisi yang sama dilakukan menjelang akhir pertandingan. Masuknya Yosua Pahabol menggantikan Andi Vermansyah membuat pola serangan berubah. Hanya saja hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir ditiup wasit Tan Hai kedudukan tetap 1-0 untuk Australia.

Susunan pemain Indonesia: Aji Saka (k), Dany Saputra/Safrudin Tahar, Syaiful Indra Cahya, Nurmufid, Agus Nova, Hendra Adi Bayauw, Rasyid, Syahroni, Andik Vermansyah/Yosua Pahabol, Agung Supriyanto, dan Fendi Eko Utomo/Kurniawan.

Adapun pemain Austrlia : Nicholas Munro (k), Joshua Brillante, Connor Edward Chapman, Corey Edward Brown/KK, Reece Caira/Brandon O'Neill, Giancarlo Gallifuoco/KK/Daniel Petkovski, Terry Antonis, Bejamin Garuccio, Jake Barker-Daish, Jesse David Makarousnas, dan Anthony Proia/Luke Anthony O'dea.