AFC: Atasi Singapura 3-1 Jepang Puncaki Klasemen Bersama Australia

id afc atasi, singapura 3-1, jepang puncaki, klasemen bersama australia

Pekanbaru, (antarariau) - Timnas Jepang meraih dua kemenangan beruntun setelah di pertandingan kedua kualifikasi Piala Asia U-22 Grup E menang 3-1 atas Singapura di Stadion Utama, Riau, Sabtu.

Dengan kemenangan ini Tim Samurai Muda ini kokoh di puncak klasemen sementara dengan enam poin. Sebelumnya Jepang mampu mengalahkan Makau dengan skor telak 6-0.

Dengan modal kemenangan telak di laga perdana, Kushibiki dan kawan-kawan langsung menggebrak pertahanan Singapura. Dengan formasi 4-4-1-1 serangan mengalir cukup deras dari sisi kanan maupun kiri.

Singapura yang menerapkan formasi bertahan yaitu 5-4-1 sebenarnya cukup mengimbangi permainan Tim Samurai Muda. Terbukti banyak serangan mengarah gawang namun belum bisa membuahkan hasil.

Jepang yang bermain lebih taktis akhirnya memecah kebuntuan pada menit 14. Sundulan Takuya Iwani ke arah gawang lawan justru diteruskan bukan dibuang oleh pemain belakang Singapura Delwinder Singh ke gawangnya sendiri sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk Jepang.

Unggul 1-0 tidak membuat anak asuh Yoshida menurunkan permainan. Terbukti, empat menit berselang Watari mampu menggandakan kedudukan menjadi 2-0.

Tertinggal 0-2 sebenarnya Singapura berusaha memperkecil ketertinggalannya, hanya saja upaya yang dilakukan selalu tertahan oleh barisan pertahanan Jepang. Terbukti hingga babak pertama usai tidak ada perubahan gol.

Memasuki babak kedua pelatih Singapura, Mike Wong mengubah formasi menjadi 4-3-3 atau pola menyerang. Hasilnyapun cukup efektif. Serangan lebih tajam dan banyak menciptakan peluang untuk menciptakan gol yang salah satunya melalui Muhammad Fariz.

Terus melakukan serangan membuat Singapura lengah di lini bertahan. Kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh Jepang. Berawal dari tendangan sudut pada menit 59 akhirnya Gakuto Notsuda mampu menjebol gawang Muhammad Syazwan dan mengubah kedudukan menjadi 3-0.

Tertinggal cukup jauh tidak membuat semangat pemain Singapura melemah. Berbagai upaya untuk memperkecil kedudukan terus dilakukan. Dan akhirnya pada menit 82, Shamil Sharif mampu menjebol gawang Jepang sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-3.

Gol yang tercipta melecut semangat Singapura. Tekanan demi tekanan dilakukan. Hanya saja hingga peluit panjang tanda pertandingan usai ditiup wasit Gamini Nivon Robesh kedudukan tetap 3-1 untuk kemenangan Jepang.

Susunan pemain Jepang : M. Kushibiki (k), Naoki Kawaguchi, K. Kushibiki, Takuya Iwanami, Yamanaka, Gakuto Notsuda, Watari/KK/Kinoshita, Hirota/Ryuga Suzuki, Hashimoto, Arano dan Matsumoto

Adapun pemain Singapura : Muhammad Syazwan Bin Buhari (k), Muhammad Al-Qaasimy Bin Abdul Rahman, Delwinder Singh/Shamil Sharif, Ali Hudzaifi Bin Mohd Yusof, Madhu M Mohana, Sufianto Bin Salleh/Ahmad Suhaimi/Amy Recha Pristifana, Safirul Bin Sulaiman, Muhammad Faris Bin Ramli, Muhammed Aqhari Bin Abdullah, Sheikh Abdul Hadi Bin SH Othman, Muhammad Raihan Bin Abdul Rahman/KK.