AFC: Indonesia Raih Kemenangan Beruntun

id afc indonesia, raih kemenangan beruntun

Pekanbaru, (antarariau) - Timnas Garuda Muda meraih dua kemenangan beruntun setelah di pertandingan ketiga kualifikasi Piala Asia U-22 Grup E mengalahkan Makau, 2-1 di Stadion Utama Riau, Selasa.

Sebelum mengungguli Makau, Timnas Indonesia mengalahkan Timor Leste dengan skor 2-0, sedangkan di pertandingan pertama harus menyerah dari Australia, 0-1.

Dengan hasil ini anak asuh Aji Santoso berada di posisi klasemen dengan enam poin dari tiga pertandingan.

"Kami sangat mengapresiasi kemenangan ini. Permainan memang kurang maksimal tetap kami sukses meraih tiga poin," kata asisten pelatih timnas Liestiadi usai pertandingan.

Menurut dia, untuk merebut posisi runner up atau posisi tiga terbaik, timnas harus mampu meraih tiga poin terutama di dua laga sisa yaitu melawan salah satu tim kuat yaitu Jepang dan di pertandingan terakhir melawan Singapura.

Liestiadi mengaku, sebenarnya jajaran pelatih sudah menebak pola permainan Makau. Hanya saja upaya untuk menekan "counter attack" yang diperagakan lawan kurang berjalan dengan baik. Untuk itu pihaknya akan segera melakukan evaluasi untuk pertandingan berikutnya.

"Secara 'shot on goal' maupun 'ball position' kita memang unggul. Tapi kita tidak bisa menyalahkan anak-anak. Mereka telah bermain dengan maksimal," katanya.

Dengan hanya menang tipis saat menghadapi tim yang saat ini berada di posisi juru kunci klasemen, kata dia, jajaran pelatih akan langsung melakukan evaluasi karena lawan yang dihadapi selanjutnya jauh lebih kuat yaitu Jepang.

"Ini adalah pengalaman berharga bagi mereka. Meski minim jam terbang semua pemain telah menunjukkan kemampuan terbaiknya," kata mantan asisten pelatih klub Arema Indonesia itu.

Pernyataan bangga juga dikatakan pemain timnas Syahroni. Meski menang tipis, hasil dari pertandingan tadi dinilai bisa mengatrol semangat pemain guna menjalani dua pertandingan sisa yaitu melawan Jepang dan Singapura.

"Memang, kami tadi sempat kecolongan. Tapi kami telah berusaha. Saya berharap kedepannya jauh lebih baik," katanya usai pertandingan.

Sementara itu asisten pelatih Makau, Iong Cho Ieng mengaku Indonesia adalah salah satu tim kuat dan sulit dikalahkan. Tetapi dengan semangat yang ada, Makau tidak mau kalah begitu saja.

"Kami memang bisa mengimbangi. Tapi cederanya kapten (Leong Ka Hang) membuat kekuatan sedikit menurun. Tapi kami tetap mampu menciptakan gol," katanya.

Meski kalah, kata dia, jajaran pelatih tetap cukup bangga. Untuk menciptakan gol pada pertandingan butuh kerja keras, apalagi juga harus berhadapan cuaca yang panas serta teror dari suporter tuan rumah.

Dengan hasil ini Makau tetap bertahan di dasar klasemen Grup E dengan nol poin dari tiga pertandingan. Sedangkan Indonesia bertahan diposisi tiga dengan enam poin dari tiga permainan.