Empat Posko Mudik Disiapkan Dishub Dumai

id empat posko, mudik disiapkan, dishub dumai

Empat Posko Mudik Disiapkan Dishub Dumai

Dumai, (antarariau) - Antisipasi padatnya aktivitas masyarakat jelang lebaran di sejumlah terminal pemberangkatan penumpang, Dinas Perhubungan Kota Dumai, Provinsi Riau, akan mendirikan empat posko terpadu lebaran.

Kadishub Dumai Marwan menyatakan, kendati belum melakukan pembahasan bersama dengan lintas instansi terkait, namun secara internal instansinya sudah mempersiapkan diri menyambut lonjakan penumpang arus balik dan mudik lebaran.

"Sejauh ini kita masih menunggu petunjuk dari Dishub Provinsi dan Polda Riau terkait pelaksanaan pos terpadu sambut lebaran tahun ini, namun di internal kita sudah merancang persiapannya," kata Marwan kepada ANTARA, Senin.

Pendirian posko terpadu ini akan ditempatkan di sejumlah fasilitas terminal angkutan penumpang, diantaranya, Terminal AKAP di Jalan Kelakap Tujuh dan Bandara Pinang Kampai di Jalan Soekarno Hatta.

Selanjutnya, Terminal Pelabuhan Penumpang di Jalan Datuk Laksamana dan Terminal Penyeberangan Roro di Jalan Cut Nyak Dien, Kota Dumai.

Posko yang didirikan di sejumlah tempat keramaian tersebut untuk mengantisipasi berbagai kejadian saat mudik lebaran sekaligus pemantauan selama pelaksanaan arus balik dan mudik lebaran.

Dalam kegiatan pembentukan Posko tersebut, Dishub akan bekerja sama dengan berbagai instansi terkait, seperti Kepolisian, TNI, Adpel, Pelindo, Dinas Kesehatan, RSUD, organisasi pengusaha angkutan, Imigrasi dan Bea Cukai.

Dalam pelaksanaannya, setiap aktivitas keberangkatan dan kedatangan penumpang dengan alat transportasi angkutan akan dilakukan pemeriksaan kelayakan kondisi kendaraan dan armada serta kesehatan sopir.

"Hal ini kita lakukan demi keselamatan dan kenyamanan orang yang akan melakukan perjalanan ke mudik dan balik ke kampung halaman. Posko juga akan bertugas antisipasi kendala dan keterbatasan pelayanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat," ungkapnya.