Pembangunan Dumai Diarahkan Pada Pelayanan Lima Sehat

id pembangunan dumai, diarahkan pada, pelayanan lima sehat

Dumai, (antarariau) - Pemerintah Kota Dumai, Provinsi Riau mencanangkan program lima sehat dalam pelaksanaan kinerja lima tahun ke depan.

Wakil Walikota Dumai, Agus Widayat, Selasa mengatakan, lima sehat yang ingin dicapai tersebut yaitu sehat kesehatan, pendidikan, ekonomi, infrastruktur dan birokrasi.

Dijelaskannya, sehat kesehatan yang akan diwujudkan dalam kepemimpinannya ialah meningkatnya kualitas dan taraf kesehatan manusia melalui pelayanan medis yang optimal dan perobatan gratis di semua fasilitas umum layanan kesehatan.

Kemudian, program sehat pendidikan dengan tujuan memeratakan pendidikan bagi semua generasi muda dimulai dari tingkatan SD hingga SMA.

Peningkatan di bidang ini telah diupayakan melalui pemberian biaya gratis bagi murid sekolah SD hingga SMP. Disamping itu, berupaya meningkatkan prestasi dengan pelatihan dan sertifikasi para tenaga guru pengajar.

Selain itu juga, terus berupaya meningkatkan taraf kesejahteraan hidup guru dengan memberikan perhatian lebih gaji dan tunjangan hidup, baik bersumber dari anggaran daerah maupun anggaran pemerintah RI.

"Sehat lainnya ialah ekonomi daerah dan masyarakat dengan sejumlah program pengentasan kemiskinan yang kita laksanakan melalui tim koordinator bentukan pemerintah," kata Agus saat berceramah dalam kegiatan safari ramadan di Masjid Nurul Hidayah, Kecamatan Dumai Selatan, Senin malam.

Sejauh ini, menurutnya, keberhasilan pemerintah dalam upaya mengurangi keluarga miskin ini dalam perjalanan 2 tahun kepemimpinan daerah sedikitnya telah mengurangi angka kemiskinan di kota Dumai sekitar 3.000 kepala keluarga (KK).

Dia menyebutkan, program lainnya sehat infrastruktur melalui sejumlah kegiatan fisik pembangunan jalan berstatus nasional dan provinsi di kota Dumai. Pelaksanaan peningkatan jalan ini selain bersumber dari anggaran kota, juga dibantu dukungan dana dari pemerintah pusat.

Ini merupakan upaya percepatan pembangunan di kota Dumai sebagai salah satu koridor ekonomi program MP3EI di wilayah Sumatera. Dipastikan tahun ini pemerintah pusat mengucurkan dana sebanyak Rp345 miliar untuk pembangunan sejumlah ruas jalan nasional di pintu masuk kota Dumai.

Sehat terakhir yaitu birokrasi yang dilakukan secara bertahap untuk penyehatan sistem pelaksanaan tugas dan kinerja pemerintah bersama aparatur abdi negara.

"Pelayanan publik kedepannya akan semakin dioptimalkan melalui pengawasan dan pengukuran kinerja berdasarkan evaluasi. Kita harapkan program lima sehat ini dapat terwujud dengan baik dalam kepemimpinan daerah hingga 20115," katanya.