Singapura Ingin Pererat Kerja sama Dengan Riau

id singapura ingin, pererat kerja, sama dengan riau

Singapura Ingin Pererat Kerja sama Dengan Riau

Pekanbaru, 1/8 (antarariau.com) - Konsul Singapura di Pekanbaru Calvin Chai menegaskan negaranya berkeinginan untuk terus mempererat kerja sama dengan Riau khususnya dan Indonesia umumnya sebagai negara bertetangga.

"Bagi kami Riau memiliki arti penting. Daerah ini terus tumbuh dan berkembang dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi dan tumbuhnya gedung-gedung baru," katanya dalam acara peringatan hari kemerdekaan Singapura ke 47 di Pekanbaru, Rabu.

Dalam acara yang digelar berbarengan dengan buka puasa bersama dan dihadiri Gubernur Riau Rusli Zainal, mantan Gubernur Saleh Djasit, konsul Malaysia di Pekanbaru dan unsur Muspida itu, Calvin yang sudah tiga tahun bertugas di Riau menegaskan pentingnya ikatan kerjasama untuk saling mengisi satu sama lainnya.

Ia menegaskan, Singapura sendiri membutuhkan Riau dan Indonesia. "Kita akan tingkatkan impor sayuran dari Indonesia dari sebelumnya 15 persen menjadi 30 persen," ujarnya.

Disisi lain Indonesia merupakan negera ketiga terbesar di dunia dalam transaksi dagang dengan Singapura, sebaliknya banyak warga Singapura yang berkunjung ke Indonesia dan jadi wisatawan terbesar disana.

"Ada sekitar 1,25 juta wisatawan Singapura yang berkunjung ke Indonesia selama 2011 atau hampir separuh dari penduduk Singapura yang berjumlah 3,2 juta berwisata dan berbisnis di Indonesia," ujar Calvin.

Untuk hubungan antar negara Indonesia dan Singapura kini makin terjalin erat. Pada Maret 2011 Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong bersama enam orang Menteri berkunjung ke Indonesia dan diterima Presiden SBY di istana Bogor.

Pada Juni di tahun yang sama, Presiden SBy menjadi pembicara kunci di sebuah seminar bisnis di Singapura dan setelah itu diterima Presiden Tony Tan sebagia bukti kuatnya ikatan kerjasama untuk sama-sama memajukan kedua negara.

"Dalam banyak hal kita selalu sejalan. Indonesia dan Riau menjadi penting bagi Singapura termasuk memecahkan berbagai persoalan keamanan," ujarnya.

Pada acara itu juga ditampilkan kesenian melayu serta penyerahan sekapur sirih kepada konsul Singapura. Acara yang dihadiri berbagai kalangan pengusaha, Bupati/wali kota, unsur Muspida, politisi dan lainnya itu berlangsung meriah dan akrab.