3 Titik Banjir Di Pekanbaru Dapat Prioritas

id 3 titik, banjir di, pekanbaru dapat prioritas

Pekanbaru, (antarariau) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, memprioritaskan penanganan 69 lokasi rawan banjir sebagai antisipasi musim hujan 2013.

"Kami memberikan prioritas menangani sebanyak 69 titik rawan banjir untuk antisipasi musim hujan mendatang," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pekanbaru Azmi kepada wartawan, Jumat.

Dia mengatakan, dalam pendataan terdapat sebanyak 127 titik rawan banjir dan yang sudah diselesaikan sebanyak 58 titik dengan berbagai cara di antaranya perbaikan saluran pembuangan dan meninggikan badan jalan.

Pihaknya juga memperbaiki gorong-gorong yang selama ini kecil kemudian diperlebar agar air mengalir secara lancar hingga ke Sungai Siak.

Bahkan pihaknya juga memfokuskan penanganan di kawasan Tabek Gadang Kecamatan Tampan yang juga rawan banjir dengan cara menimbun areal yang rendah.

Selain itu, saluran pembuang di Tabek Gadang juga diperbesar dengan tujuan air yang semula tergenang kemudian mengalir deras ke kawasan rendah dan rawa-rawa sekitarnya.

Pernyataan tersebut terkait saran dari anggota DPRD setempat agar Dinas Pekerjaan Umum Kota Pekanbaru lebih fokus terhadap penangganan lokasi rawan banjir.

Selain itu, warga di Kelurahan Tampan, Kecamatan Payung Sekaki, juga mengeluh bahwa bila musim hujan wilayah itu terendam karena saluran pembuangan mulai dangkal.

Menurut dia, pihaknya juga melakukan pengerukan saluran dengan menggunakan alat berat agar air di kawasan perumahan di Kelurahan Tampan itu tidak lagi terendam ketika hujan tiba.

Upaya penanganan banjir, katanya, juga dilakukan dengan penambahan dana untuk beberapa proyek melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Pekanbaru 2012.

Pada prinsipnya, penanganan banjir agar wilayah rawan itu tidak tergenang pada musim hujan 2013, demikian Azmi.