Kalsel Dan Kaltim Harus Tanding Play Off

id kalsel dan, kaltim harus, tanding play off

Pekanbaru, (antarariau) - Pertandingan cabang olahraga sepakbola di PON XVIII Riau harus memainkan pertandingan play off karena masih terdapat sengketa perwakilan Kalimantan antara Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

"Panitia Pelaksana (panpel) diperintahkan oleh KONI untuk melakukan pertandingan play off antara Kalsel dengan Kaltim," kata Ketua Panpel sepakbola PON XVII Riau, Satar Taher di Pekanbaru, Minggu.

Pertandingan play off itu, menurut Satar dijadwalkan hari Minggu (2/9) pada pukul 14.00 WIB di Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, Pekanbaru.

Sebelumnya, Kalimantan Selatan (Kalsel) sebetulnya telah dinyatakan berada di grup B bersama Riau, Sumatera Barat, dan Jawa Tengah, dalam pencabutan undian. Namun posisi Kalsel digugat oleh Kalimantan Timur (Kaltim) yang juga merasa berhak mewakili Kalimantan karena menang selisih gol pada babak kualifikasi pra PON, namun didiskualifikasi karena gugatan Kalsel yang menggunakan pemain profesional dalam babak kualifikasi.

Gugat menggugat antara dua provinsi bertetangga itu terus terjadi kemudian, dan akhirnya keluar perintah dari Badan Arbitrase Olahraga Republik Indonesia (BAORI) yang memerintahkan panpel untuk menggelar play off antara Kaltim dan Kalsel.

"Kita akomodir keinginan keduanya sesuai perintah KONI karena sama-sama ingin maju, maka untuk menentukan siapa yang berhak maju harus ada pertandingan play off," kata Anggota Tim Pengawas dan Pengarah Komite Olahraga Nasional Indonesia (Wasrah KONI), Mayor Jenderal Suwarno, kepada wartawan, Sabtu malam (1/9).

Menurut Suwarno, pertandingan play off merupakan proses yang harus dihormati oleh kedua provinsi yang sedang bersengketa. Namun PSSI sebagai induk cabang sepakbola tertinggi di Indonesia menyatakan tidak perlu ada play off karena menganggap BAORI adalah organisasi tak jelas.

Berbekal surat yang ditandatangani Sekjen PSSI Tri Gustoro, kubu Kalsel, sejauh ini merasa tidak perlu memenuhi perintah BAORI untuk melakukan play off, namun menurut Suwarno, hal itu bisa dianggap sebagai tindakan walk out, dan tempatnya dapat digeser oleh Kaltim.