Jefri Noer Janjikan Pinjaman Rp100 Juta Per Petani

id jefri noer, janjikan pinjaman, rp100 juta, per petani

Pekanbaru, (antarariau) - Bupati Kampar Jefri Noer menjanjikan bantuan pinjaman dana bergulir sebesar Rp100 juta untuk setiap petani yang ingin memajukan usahanya di Kabupaten Kampar, Riau.

"Ada dana bergulir Rp100 juta per orang untuk sektor pertanian," kata Jefri Noer di Desa Kuala Nenas, Kampar, Kamis.

Ia mengatakan, dana bergulir yang disiapkan pemerintah daerah pada tengah tahun 2012 ada sekitar Rp100 miliar untuk menambah dana sebelumnya yang ada sekitar Rp145 miliar.

Menurut dia, dana bergulir itu disinergikan dengan Program Pelatihan Pertanian Terpadu yang mulai berlangsung sejak Januari tahun ini. Setiap satu bulan pemerintah daerah melatih 214 orang dari setiap desa yang ada di Kampar.

Setelah pelatihan itu, lanjutnya, setiap orang yang sudah dilatih harus menjadi penyuluh pertanian lapangan (PPL) swakarsa untuk petani di masing-masing desa. Mereka diminta untuk mentransfer ilmu ke minimal 10 petani, sehingga bisa didapatkan minimal 2.400 petani terlatih di seluruh desa di Kampar.

Menurut dia, program itu akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas pertanian daerah dan membuka lapangan kerja.

"Hanya saja pemerintah daerah memberlakukan standar tinggi untuk pinjaman dana bergulir," ujarnya.

Setiap petani yang ingin mendapatkan dana bergulir itu harus menyertakan agunan dan wajib melunasi pinjaman dalam tempo satu tahun.

"Saya ingin agar warga Kampar jangan tangannya di bawah terus, maunya meminta saja," katanya.

Jefri Noer yakin program itu bakal membantu mewujudkan target pengentasan kemiskinan di Kampar hingga nol persen pada 2015.

"Pemda Kampar bertekad menghapuskan kemiskinan dan rumah kumuh pada 2015, kecuali bagi yang tulang punggung panjang atau yang malas, yang kerjanya cuma main domino dan nongkrong di warung kopi atau yang muda sukanya bersandar gitar saja," ujar Jefri Noer.

Ia mengatakan jumlah penduduk miskin di Kampar sekitar 140 ribu jiwa. Jumlah itu setara 20 persen dari total penduduk yang mencapai 700 ribu jiwa.