Buruh Mogok Massal Kawasan Mukakuning Batam Lumpuh

id buruh mogok, massal kawasan, mukakuning batam lumpuh

Batam, (antarariau) - Ribuan buruh berasal dari kawasan Industri Mukakuning Batam memblokir jalan sekitar kawasan tersebut sehingga terjadi kemacetan cukup panjang dari semua arah, Rabu.

Buruh melakukan aksi dan orasi di tengah jalan yang menghubungkan Batam Centre-Batuaji, Seibeduk-Batam Centre.

"Kami menunggu kawan-kawan lain sebelum bergerak menuju Kantor Wali Kota Batam di Batam Centre," kata koordinator aski, Suprapto.

Di sepanjang jalan dari Mukakuning ke Batam Centre, sejumlah pertokoan dan fasilitas umum seperti SPBU tutup menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Akses masuk pusat pemerintahan Kota Batam seperti kantor wali kota, DPRD, kejaksaan, Bank Indonesia, Imigrasi, Pengadilan Negeri, dan PLN Batam ditutup oleh polisi sehubungan demo buruh yang akan berlangsuhng pada Rabu.

Di depan Kantor Wali Kota Batam, petugas memasang barikade kawat berduri. Di belakang kantor tersebut juga disiagakan sejumlah mobil pengamanan milik kepolisian. Ratusan polisi dibantu TNI nampak berjaga-jaga mengantisipasi aksi buruh, Rabu siang.

"Jalan ditutup, mengantisipasi unjuk rasa nanti siang," kata seorang petugas yang menjaga kantor DPRD Kota Batam, Nababan.

Saat apel pagi di Dataran Engku Putri Batam Centre, Kapolda Kepri Brigjend Yotje Mende memerintahkan personel kepolisian yang bertugas mengamankan demonstrasi buruh untuk melakukan tindakan sesuai prosedur jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, lakukan pengamanan sesuai prosedur," katanya.

Jika terjadi pelemparan, seperti yang pernah terjadi saat demo buruh 2011, dia meminta para petugas untuk melakukan tindakan yang terukur.