Menkes: RSUD Arifin Achmad Mampu Bersaing Dengan Jiran

id menkes rsud, arifin achmad, mampu bersaing, dengan jiran

Pekanbaru, (antarariau) - Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menyatakan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad bisa bersaing dengan rumah sakit negara tetangga tapi dengan syarat harus melayani penyakit yang lebih spesifik dan bukan batuk pilek.

"Rumah sakit ini bisa lebih baik, jika tidak lagi melayani pasien yang batuk pilek. Tetapi harus melayani penyakit yang lebih khusus lagi," ujar Nafsiah di Pekanbaru, Senin.

Hal itu dikatakannya saat melakukan kunjungan kerja ke RSUD Arifin Achmad, dalam rangka pemberian penghargaan bidang kesehatan bagi 32 institusi atas partisipasi dalam pelayanan kesehatan PON XVIII Riau 2012.

Menurut Nafsiah, RSUD Arifin Achmad harus menyerahkan penanganan pasien batuk pilek ke Puskesmas milik kabupaten/kota, karena sesuai fungsinya RSUD bersifat hanya sebagai rujukan saja.

Selain itu, hanya dengan peningkatan pelayanan dan mutu, RSUD mampu bersaing dengan rumah sakit milik negara tetangga.

"Saya berdoa, semoga rumah sakit ini lebih baik daripada rumah sakit negara tetangga," katanya.

Gubernur Riau HM Rusli Zainal yang mendampingi kunjungan Menkes tersebut mengatakan, pihaknya berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dan sarana prasarana rumah sakit di Riau agar masyarakat tidak memilih berobat ke luar negeri.

"Barangkali hanya dengan itu, kami mampu bersaing dengan negara jiran Malaysia dan Singapura. Kita tidak ingin berada di bawah mereka, minimal kita sama dengan mereka," ujarnya.

Ia menjelaskan, jika RSUD Arifin Achmad sudah memiliki berbagai fasilitas alat kesehatan yang mumpuni dan kelengkapan fasilitas itu tidak terlepas dari dukungan Kementerian Kesehatan.

Dalam penyelenggaraan PON, pihaknya telah memberikan pelayanan yang terbaik bagi kontingen. "Hari ini kami bersyukur, ibu menteri menyerahkan penghargaan untuk PON," katanya.

Pada kesempatan itu, Menkes menyerahkan secara simbolis penghargaan kepada Kepala Dinas Kesehatan Riau Katijo serta Direktur RSUD Arifin Achmad,Yulwiriati Moesa dan didampingi Gubernur Riau.