Selain Dumai, listrik biarr pettt juga terjadi di Pekanbaru...Lho

id selain dumai, listrik biarr, pettt juga, terjadi di pekanbarulho

Selain Dumai, listrik biarr pettt juga terjadi di Pekanbaru...Lho

Pekanbaru (antarariau) - Listrik untuk wilayah Kota Pekanbaru, Riau, mengalami "black out" atau padam secara total akibat kerusakan pada sejumlah sistem meliputi sistem Kilirinjao dan Ombilin.

"Informasi sementara, padamnya listrik di seluruh wilayah Kota Pekanbaru akibat 'black out' pada sistem yang ada di Kilirinjao dan Ombilin," kata Humas PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR), Sarno, melalui pesan singkatnya , Rabu.

Dia menjelaskan, sistem pada dua pembangkit tersebut (Kilirinjao dan Ombilin) mengalami pelepasan sehingga terjadi gagal distribusi energi listrik.

Hingga pukul 11.45 WIB, demikian Sarno, pemadaman masih terus berlanjut dan pekerjaan di berbagai sistem tersebut terus diupayakan.

"Penyebabnya belum diketahui secara pasti. Namun yang jelas, pemadaman total ini disebabkan adanya gangguan pada sistem dua pembangkit tersebut," katanya.

Sementara untuk mengantisipasinya, kata Sarno, sistem kelistrikan dialihkan pada sistem interkoneksi mengingat sistem pembangkit Payahkumbuh, Sumatra Barat telah memenuhi pasokannya.

"Kemudian dari berbagai upaya keras, akhirnya sistem pada pembangkit Ombili 1 dapat kembali aktif mendistribusi energi listrik. Tepatnya sekitar pukul 12.19 WIB," katanya.

Atas gangguan tersebut, demikian Sarno, pihak PLN WRKR dan Cabang Pekanbaru memohon maaf kepada sejumlah kalangan pelanggan, khususnya yang ada di Pekanbaru.

"Gangguan ini bukanlah hal yang disengaja. Namun upaya pemulihan seratus persen akan diupayakan semaksimal mungkin," katanya.

Akibat padamnya listrik PLN tersebut, berbagai aktivitas masyarakat di Pekanbaru sempat terganggu. Mulai dari kemacetan lalu lintas akibat lampu rambu lalu lintas yang tak berfungsi hingga aktivitas lainnya.