Bupati Inhu gunakan trail buka HKN

id bupati inhu gunakan trail buka hkn

Bupati Inhu gunakan trail buka HKN

Rengat (antarariau) - Pelaksanaan puncak peringatan Hari

Kesehatan Nasional (HKN) Inhu ke 48 yang dilaksanakan di daerah terpencil yaitu Desa Sanglap, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri hulu Propinsi Riau, dihadiri bupati menggunakan motor trail.

"Jalan untuk mencapai desa itu terjal dan licin sehingga menyulitkan Bupati Yopi Arianto sampai ke lokasi. Untunglah dengan trail kendala jalan itu bisa diatasi," kata Kadiskes Inhu Zainal Arifin dihubungi, Senin.

Bupati Yopi Arianto menginap di Desa Sanglap bersama 242 pegawai Dinas Kesehatan Inhu dan UniT Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kesehatan se Inhu untuk suksesnya acara tersebut.

Ia menyatakan pelaksanaan HKN di Sanglap diharapkan mampu membuka mata berbagai pihak agar lebih peduli terhadap masyarakat didaerah terpencil. Sebab Sanglap merupakan desa terluar di wilayah Kabupaten Inhu yang sudah berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi.

Acara Peringatan HKN ke-48 ini diharapkan juga dapat membuka jalan bagi dinas lain maupun intansi swasta untuk lebih peduli terhadap masyarakat di daerah terpencil yang sulit di jangkau.

"Dengan cara ini kami berharap mampu meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat marjinal," harapnya.

Selain upacara Peringatan HKN ke-48, juga digelar rangkaian

kegiatan sosial kemasyarakatan untuk masyarakat Desa Sanglap, khususnya kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat.

"Acara ini disambut antusias oleh masyarakat Desa Sanglap, karena mereka tidak percaya bupati bersedia bermalam di desa terpencil seperti Sanglap," ujarnya.

Sementara Erwandi warga masyarakat Inhu mengatakan dengan adanya acara HKN yang dilaksanakan di desa terpencil seperti Desa Sanglap tersebut adalah bentuk kepedulian kepada warga.

"Seorang bupati mau datang kesana merupakan bukti adanya pro

rakyat,jika hal ini sering dilakukan di setiap kesempatan di tempat yang berbeda, kemungkinan akan berdampak positip jangka panjangnya," ujar Erwandi.

Ia menyatakan, selama ini hanya penduduk dekat ibu kota kecamatan saja yang kenal dengan bupati, namun melalui momen seperti ini bupati dikenal semua masyarakat Inhu," katanya.

Semua kegiatan yang dilaksanakan itu banyak memiliki nilai

positifnya,bahkan di hati masyarakat akan membekas yang justru

mengandung nilai tersendiri untuk jangka panjang. (Asril Priyadi)