Kuantan Singingi Kembangkan Wisata Berburu Babi

id kuantan singingi, kembangkan wisata, berburu babi

Kuansing, (antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau mengembangkan wisata petualangan berburu babi di hutan di wilayah setempat.

"Kita mengembangkan wisata petualangan buru babi hutan, seperti dilaksanakan baru-baru ini yang diikuti peserta dari berbagai daerah se-Sumatera," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kabupaten Kuansing, Maifadal Mu'in di Kuansing, Selasa.

Dikatakan, buru babi di sekitar kawasan Danau Rawang Udang, Desa Talontang, Kecamatan Benai tersebut, merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.

Kegiatan ini bukan merupakan kegemaran akan tetapi bagian dari kegiatan Pemkab kuansing, sehingga dapat menimbulkan dampak bagi masyarakat setempat yaitu berkurangnya babi sebagai hama pengganggu tanaman, juga mendatangkan investasi kedepannya, ujarnya.

Suksesnya kegiatan tersebut pihak Pemkab Kuansing mengajak keikutsertaan Persatuan Olah Raga Buru Babi (Porbbi) kabupaten kuantan Singingi.

"Kegiatan rutin tersebut juga untuk menjalin silahturahmi antara para pencinta olah raga ini yang ada dipulau sumatra," ucapnya.

Maifadal juga menambahkan bahwa, tradisi berburu sudah dimiliki oleh setiap warga yang ada di pulau sumatra selama ini, hanya saja kegiatan ini belum dikelola dengan maksimal. Selama ini hanya sebatas untuk mengurangi hama babi.

Dengan terlaksananya kegiatan tersebut, kabupaten Kuantan Singingi bukan saja dikenal oleh masyarakat sumatra, tetapi dikenal di Indonesia melalui berita yang termuat diberbagai media cetak. Dari semua itu yang tidak kalah pentingnya adalah keseriusan dan dukungan Pemkan Muansing untuk program ini, sehingga kedepan akan bernilai tinggi buat kepentingan daerah.

"Daerah yang mengikuti adalah Sumbar, Bengkulu, Jambi, Palembang dan Riau sendiri," jelaasnya.

Kedepan keegiatan berburu babi ini akan dijadikan agenda wisata rutin, agenda wisata tahunan yang dapat juga meningkatkan PAD daerah.

"Rute yang program dalam berburu babi tersebut adalah disekitar Benai dan Kuantan Tengah, hasilnya sungguh mengembirakan masyarakat setempat," terangnya dengan optimis.

Ribuan masyarakat menyaksikan acara tersebut terkesiam mengingat kegiatan ini merupakan kegiatan untuk kepentingan masyarakat dan daerah kuantan Singingi.

*kontributor Kuantan Singingi