Buat Akte Kelahiran di Kuansing Gratis

id buat akte, kelahiran di, kuansing gratis

Kuantan Singingi, (antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, mulai 2013, memprogramkan akte kelahiran bagi warga miskin secara gratis, baik untuk anak usia di bawah enam bulan maupun di atas satu tahun.

"Saya mendengar adanya program gratis pembuatan akte kelahiran di Kuantan Singingi. Program tersebut membuat saya sebagai warga sangat senang dan penuh rasa syukur," kata salah satu warga Kecamatan Lubuk Jambi, Sarti, Selasa.

Ia mengatakan bahwa program pemerintah tersebut, suatu kebanggaan bagi warga yang tidak mampu, soalnya belum semua masyarakat setempat ini mampu secara ekonomi, namun dengan adanya program ini akan sangat menolong sekali.

Menurut Sarti, kehidupan warga beragam, dari berbagai profesi, dengan niat baik pemkab kuansing ini perlu diberikan apresiasi, selama ini kegiatan buat akte kelahiran ini masih dirasa sulit oleh sebagian warga, bukan masyalah uang saja tetapi prosedurnya juga dinilai rumit.

Hal ini membuat warga terkadang malas mengurus bahkan terkesan mengabaikan akte tersebut.

"Sebagai warga Kabupaten Kuantan Singingi, kebijakan Pemkab tersebut akan disambut positif oleh masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi Syoffaizal mengatakan, akte kelahiran yang digratiskan bukan saja untuk anak dibawah umur enam bulan, tetapi juga di atas satu tahun yang tergolong dari keluarga miskin.

"Gratis akte kelahiran tersebut juga di tingkat pengadilan," terangnya.

Program akte gratis ini mesti diketahui bahwa persayaratannya harus dilengkapi KTP dan Surat Nikah, sehingga akan mempermudah kepemilikannya.

"Pemkab akan menyiapkan biaya persidangan sampai diterbitkannya akte kelahiran itu," janjinya.

Adapun alasan pemkab memberikan akte kelahiran gratis ini adalah sebagai wujud kepedulain pemerintah terhadap masyarakatnya, terutama masyarakat miskin, karena Bupati Sukarmis mengetahui keadaan ekonomi masyarakatnya masih ada yang memerlukan bantuan.

"Saya berusaha membantu masyarakat dengan berbagai program, baik melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan, bantuan sosial, program 'life skill', sehingga berapa tahun ke depan kehidupan warga Kuantan Singingi akan lebih baik lagi.

*kontributor Kuantan Singingi