Inhu Berlakukan e-Audit Tahun 2013

id inhu berlakukan, e-audit tahun 2013

Rengat, (antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Propinsi Riau akan melaksanakan elektronik audit (e-Audit) pada tahun 2013 mendatang. Audit ini untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Sehingga mempermudah BPK dalam bekerja kedepannya.

"Kita siap melaksanakan program e-Audit yang akan dimulai tahun 2013. Berbagai hal saat ini sudah kita siapkan seperti Sumber Daya Manusia (SDM) dan perangkat pendukungnya," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Inhu, Raja Erisman melalui Kepala Bagian Keuangan, Hasman Dayat didampingi Kasubag Anggaran, Amsal, kemarin.

Dikatakan Erisman, tujuan dari penerapan e-Audit ini untuk meningkatkan efisiensi dalam rangka melakukan pemeriksaan. Selama ini, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) harus turun langsung untuk mendapatkan data setiap kali melakukan pemeriksaan.

"Dengan e-audit ini, diharapkan nantinya BPK cukup menggunakan peralatan eletroknik yang telah dipersiapkan. Kita berharap penyelenggaraan keuangan benar-benar transparan, efektif dan akuntabel," harapnya.

Hasman menambahkan, penerapan e-Audit tidak lepas dari komitmen Bupati Inhu, Yopi Arianto untuk menertibkan sekaligus merapikan pengelolaan keuangan.

"Bupati Inhu menyambut baik diterapkannya e-Audit tersebut dan berharap sudah dapat dilaksanakan pada 2013," jelas Hasman.

Hasman juga berharap agar SDM yang dipersiapkan untuk menangani e-Audit ini harus benar-benar memahami secara teknis. Dengan begitu mereka mengetahui hal-hal mana saja yang bisa diaudit dan online dengan BPK.

"Untuk itu dilaksanakan langkah peningkatan SDM, sebanyak 31 PNS yang berlatar pendidikan Sarjana Ekonomi Akuntansi kita sekolahkan ke Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) yang berada dalam naungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia," papar Erisman.

Selain mensekolahkan PNS, pihaknya juga melatih seluruh Sekretaris SKPD sebagai penataan usaha pengelolaan keuangan.

"Intinya siap menerapkan e-Audit dilingkungan Pemkab Inhu ," terang hasma.

Dengan adanya kebijakan yang akan diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu ini akam membantu semua pihak di lingkungan Pemkab Inhu. Dimana semua satker akan lebih mudah diawasi dan masalah keuangan akan mudah terkontrol. sehingga diharapkan kedepan sistim laporan keuangan akan jelas dan akurat.

Apa lagi sistim E-Audit bisa terealisasi secar menyeluruh dalam waktu dekat kedepannya, akan dapat meningkatkan kinerja pemerintah di mata BPK.

*Kontributor Rengat