Pemkab Kampar Bangun Sarana Pembibitan Ternak

id pemkab kampar, bangun sarana, pembibitan ternak

Bangkinang, (antarariau.com) -Pemkab Kampar, Provinsi Riau akan membangun sarana pembibitan ternak serta fasilitas pendukung lainnya dalam mengembangkan budidaya ternak untuk peningkatan kesejahteraan petani.

Kepala Kadistannak Kabupaten Kampar H Cokroaminoto di Bangkinang, Rabu, menyatakan, Pemkab membangun berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan di unit pelaksana teknis pembibitan peternakan seperti bak tower penampung air, balai pembibitan, pagar, kandang sapi juga kambing diatas lahan seluas delapan hektare.

"Kita menginginkan agar Kabupaten Kampar bisa memenuhi kebutuhan sapi sendiri dan bila perlu memasok untuk kebutuhan kabupaten lain di Riau. Sektor peternakan juga berpotensi untuk menjadi sumber penghasilan utama petani," ujarnya.

Pada 2013 pihaknya akan mengembangkan pembibitan ternak sapi perah, unggas dan kambing.

Ia menyatakan, selama ini kegiatan pembibitan ternak belum berjalan di UPT tersebut dan baru sebatas kegiatan pemerahan susu sapi. Susu itu selanjutnya didistribusikan ke sekolah sebanyak 23 SD dan diberikan cuma-cuma sebanyak 150 liter per hari setiap minggu.

"Saya sudah melakukan evaluasi ke sekolah, memang sangat membutuhkan susu ini, maka produksi susu sapi perah ini jangan sampai terhenti," pintanya.

Kadistannak juga mengharapkan agar UPT dapat mencatat sapi yang masih produktif dan yang sudah tua kemudian dilelang dan uangnya untuk PAD. Atas dasar itu ia menilai perlu dibentuk tim berapa banyak sapi yang produktif serta berapa kebutuhan operasionalnya.

Pemda Kampar juga akan melakukan pengadaan sapi bali untuk bibit di Desa Laboy Jaya dan diharapkan dapat lebih berkembang sampai bisa mandiri.

"Kita berharap agar biaya operasional UPT ini bisa diperoleh dari hasil pembibitan dan penjualan ternak pembibitan, penjualan sapi produktif, dam lainnya," ujar Cokro.

Keberadaan tempat pembibitan juga bisa dijadikan sarana untuk meningkatkan kemampuan SDM peternak melalui kegiatan belajar dan praktek serta penyerapan tenaga kerja sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.