Alumni P4S Ingin Kembangkan Ternak sapi

id alumni p4s, ingin kembangkan, ternak sapi

Tapung, (antarariau.com) - Junaidi (43), Alumni P4S Kubang Jaya angkatan delapan tahun 2012 menyatakan ingin mengembangkan ternak sapi bali yang telah dimulainya sejak tahun 2009 yang sampai saat ini sudah berjumlah 18 ekor.

“Saya telah mengikuti pelatihan P4S tahun 2012 dan saat ini sudah mengajukan proposal ke Pemkab Kampar untuk pinjaman sebesar Rp100 juta agar dapat memgembangkan usaha ternak sapi kami yang sudah kami mulai sejak 2009 dengan dana pribadi," ujar Junaidi saat ditemui Kepala Desa dan Kaum Pemerintahan Renaldo Desa Muara Mahat Baru Kecamatan Tapung.

Junaidi meengembangkan usaha ternak sapi bali ini dengan cara melepaskan sapi di lokasi kaplingan kebun sawit milik keluarganya atau dengan sisitem integrasi sapi sawit.

Sebelumnya Junaidi memperoleh bantuan sapi dari program K2i saat di Desa Salo, awalnya cuma 7 ekor sapi semental yang kemudian dijual dan diganti sapi Bali. Sapi itu selanjutnya dipindahkan ke Desa Muara Mahat Baru pada 2009.

Dijelaskanya, dua ekor dari sapi Bali itu sudah dipotong untuk kurban, dan perkembangan anaknya sudah delapan ekor, mati satu ekor dan tinggal lima ekor, “Saat ini sudah berjumlah 18 ekor milik Junaidi dan Surahmat masih dengan dana pribadi. Kami mengajukan pinjaman untuk pengembangan lebih banyak lagi dan pinjaman itu akan kami buatkan kandang serta dibelikan lima ekor sapi bunting, lima ekor sapi betina muda," ujarnya.