16.839 Pelajar SD Pekanbaru Siap Hadapi UN

id 16839 pelajar, sd pekanbaru, siap hadapi un

Pekanbaru, (antarariau.com) - Sebanyak 16.839 pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) di Pekanbaru, Riau, dikabarkan telah siap untuk mengahapi ujian nasional (UN) pada Mei 2013 mendatang.

"Ribuan siswa dan siswi ini merupakan pelajar dari sekolah negeri maupun swasta yang ada di Pekanbaru," kata Kepala Seksi (Kasi) Sekolah Dasar pada Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Bustami di Pekanbaru, Rabu siang.

Saat ini di Kota Pekanbaru menurut data Dinas Pendidikan setempat, terdapat sebanyak184 sekolah setingkat sekolah dasar negeri dan 58 SD swasta dengan total jumlah murid yang berada pada semester akhir yakni mencapai 16.839 orang.

"Merekalah yang akan mengikuti UN mendatang. Kami mengharapkan mereka telah siap hingga tingkat ketidak lulusan bisa nihil," katanya.

Untuk persiapan ujian nasional bagi tiap-tiap sekolah dasar di Pekanbaru menurut dia sudah baik mengingat telah dilakukanya penambahan pembekalan belajar bagi murid-murid SD di luar jam sekolah.

"Seperti bimbingan belajar luar sekolah yang di berikan langsung oleh guru-guru selepas pulang sekolah dan masih banyak lagi," katanya.

Kemudian adapula program bulanan yang dilakukan oleh Disdik Pekanbaru dimana kegiatan ini juga membahas tentang kelancaran proses belajar mengajar.

"Semua program ini adalah tentang kesiapan para kepala sekolah dan guru-guru SD dalam menghadapi ujian nasioanl 2013," katanya.

Untuk kesiapan para guru-guru SD di Pekanbaru menurut dia telah cukup matang mengingat standar pendidikan guru sekarang ini telah bagus atau minimal telah mengecap pendidikan Strata satu (S1).

Program pemerintah pun bagi pendidikan guru tiga tahun belakangan ini menurut dia berjalan baik sehingga banyak guru-guru yang berpendidikan Strata dua (S2) yang mana pemerintah memberikan dana pendidikan atau semacam beasiswa bagi guru-guru yang lulus tes Diknas untuk dapat mengembangkan pendidikanya pada tahap berikutnya.

(Reindy Rudagi)