Siswa SD Turut Hijaukan Pekanbaru

id siswa sd, turut hijaukan pekanbaru

Pekanbaru, (antarariau.com) - Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Pekanbaru, Riau, Sabtu pagi melakukan kegiatan penanaman sebanyak 100 pohon untuk penghijaun kawasan gersang di kota itu dengan dihadiri oleh wali kota setempat.

"Program menanam pohon ini menjadi semangat penting agar dapat membudayakan menanam bagi generasi muda. Tujuannya adalah untuk menjadikan lingkungan yang sehat, bersih dan asri," kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT di sela kegiatan.

Pohon dan tumbuh-tumbuhan lainya, menurut Firdaus, merupakan sumber udara yang baik bagi pernafasan manusia, karena setiap orang sangat membutuhkan oksigen untuk kelangsungan hidup.

Dengan meanambah jumlah pepohonan di Kota Pekanbaru, demikian Firdaus, maka semakin banyak pula masyarakat yang hidup sehat dengan menghirup udara segar yang telah disaring pepohonan.

Kegiatan menanam pohon di SD Negeri 01 Pekanbaru ini melibatkan para murid-murid beserta para pengajar di sekolah itu.

"Organisasi seperti Pramuka sekolah dasar ini kedepanya di harapkan mampu lebih aktif melakukan penghijaun terhadap lingkungan kedepanya," kata Firdaus.

Pelaksanaan yang dimulai pada Sabtu pukul 08.00 WIB ini dilaksanakan dengan antusias oleh kebanyakan siswa.

Di sela kegiatan siswa kata Firdaus, juga diberi pencerahan tentang lingkungan yang sehat melalui program penghijauan dan penataan lingkungan yang baik.

"Kegiatan yang dilakukan para murid SD ini, bukan hanya untuk lingkungan di Pekanbaru saja akan tetapi di indonesia juga dunia karena menyangkut kepentingan keberlanjutan hidup umat manusia," katanya.

Dengah banyaknya pepohonan tertanam di kawasan yang kerap tercemar polusi kendaraan bermotor, demikian Firdaus, maka keutuhan hidup sehat akan dirasakan secara tidak langsung.

"Para generasi muda harus membisakan dari sejak dini untuk gemar menanam pohon karena meraka akan meneruskan penghijaun ini secara estafet bagi generasi selanjutnya," kata Firdaus.(Reindy Rudagi)