Seribu Atlet O2SN Mulai Bertanding

id seribu atlet, o2sn mulai bertanding

Pekanbaru, (antarariau.com) - Sebanyak seribu atlet dari kalangan pelajar setingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas mulai bertanding dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Kota Pekanbaru, Riau.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT di halaman Kantor Wali Kota Pekanbaru, Jalan Sudirman, Kamis.

O2SN tingkat Pekanbaru ini merupakan helat dan program Dinas Pemuda dan Olahraga setempat yang bertujuan sebagai ajang penjaringan atlet yang mewakili di tingkat provinsi.

Kota Pekanbaru mematok target para atletnya bisa mendominasi skuad Provinsi Riau untuk kemudian melaju ke ajang olahraga nasional.

"O2SN yang dilaksanakan ini sangat diharapkan juga menjadi ajang penjaringan atlet untuk dihadapkan pada event-event sekelas nasional bahkan internasional," kata Kepala Dispora Pekanbaru A. Mius.

Dari empat kategori yang dipertandingkan pada O2SN Pekanbaru kali ini, pertandingan tingkat SD yang paling banyak mendapat jatah cabang olahraga.

"Untuk tingkat SD paling banyak cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni ada 11 cabang olahraga, terdiri dari atletik, karate, pencak silat, bola voli mini, catur, renang, tenis meja, tenis lapangan, sepak takraw, bulu tangkis dan futsal," katanya.

Sementara untuk tingkat SMP hanya mempertandingkan sebanyak tujuh cabang olahraga mulai dari atletik, bulu tangkis, tenis meja, karate, pencak silat, tenis lapangan, renang dan basket.

"Untuk tingkat SMA hanya ada sebanyak lima cabang olahraga yakni basket, atletik, silat, karate dan bulu tangkis," katanya.

Pertandingan untuk berbagai cabang olahraga itu dilaksanakan di berbagai arena pertandingan peninggalan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVIII 2012 yang telah disediakan di Pekanbaru.

Oleh Muhammad Arief (Mahasiswa UIN Suska)