PEMERINTAH THAILAND BERKOMITMEN TINGGI MANFAATKAN LAHAN TERLANTAR

id pemerintah thailand, berkomitmen tinggi, manfaatkan lahan terlantar

Pekanbaru, 1/4 (Antara) - Pemerintah Thailand dinilai memiliki komitmen tinggi dalam memanfaatkan lahan terlantar, mulai dari membangun taman bunga pada areal yang sangat luas, kolam ikan, perkebunan singkong atau perkebunan tanaman pangan.

"Thailand sukses memanfaatkan lahan terlantar lebih didukung oleh kerja keras, disiplin serta rasa memiliki daerah oleh masyarakatnya yang tinggi sehingga nyaris tidak terdapat lahan tidur yang tidak dimanfaatkan," kata Kepala Dinas Perkebunan Riau, Zulher kepada Antara di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan itu juga terkait dengan suksesnya pemerintah Thailand dalam memanfaatkan lahan terlantar hingga tak ada lahan yang tidak dimanfaatkan dalam program pembangunan di negara jiran itu.

Hal itu terlihat dalam rangkaian kunjungan kerja Tim Penetapan Harga TBS Provinsi Riau ke Federal Land Development Authority (Felda), atau Felda Palm Industries SDN BHD Jengka 21 Palm Oil Mill, Malaysia pada 26-27 sedangkan perjalanan Tim juga dilanjutkan ke Bangkok hingga 29 Maret 2013.

Kunjungan delegasi Riau sebanyak 26 orang --terdiri atas utusan perusahaan sawit di antaranya PT.PN V, PT Asian Agri unsur petani sawit serta sejumlah staf Dinas Perkebunan Provinsi Riau-- itu adalah dalam rangkaian melihat bagaimana penetapan harga TBS kelapa sawit, dan manajemen sistem perkebunan plasma dan inti.

Bahkan, katanya menyebutkan tercatat lahan seluas 100 hektare, dibuka sebagai kawasan taman bunga --kelompok tanaman langka dan kuno-- Nongnooch Village atau dikelola dan dimiliki orang salah seorang terkaya, di Thailand.

"Pemerintah Thailand bekerjasama dengan pihak swasta sangat jeli dalam memanfaatkan lahan terlantar dan semua itu dilakukan dengan kerja keras, disiplin dan berkomitmen tinggi," katanya lagi.

Memang, katanya, kinerja siapapun akan maju, dan menjadi hebat jika telah bekerja keras, dan disiplin adalah kunci sukses untuk mencapai sejahtera.

Terkait contoh taman Nongnooch Village Tropical Botanical Garden itu, swasta di Thailand telah memiliki cita selera rasa, dan kreasi tinggi dalam mengemas taman itu bahkan dilengkapi dengan panorama taman bunga yang asri dengan taman bunga anggrek, dan aneka bunga unik dan menarik lainnya, serta aktraksi kesenian rakyat.

Nong Nooch Tropical Botanical Garden adalah botanical garden dan daya tarik wisata pada 163 kilometer di Sukhumvit Road di Chonburi Province, Thailand. Kawasan ini dapat dicapai melalui bus, taksi atau angkutan darat pribadi.

Jenis tanaman yang terdapat di kawasan itu antara lain Cactus, Sikas, Palms, Succulents, Zingiberales.

Berdasarkan data, dihimpun dari situs resmi Pisit dan Nongnooch Tansacha dikembangkan pada tahun 1954 dengan niat untuk mengembangkan lahan perkebunan buah. Namun, pemilik lahan tersebut malah memutuskan untuk menanam bunga-bunga tropis dan tanaman sebagai proyek konservasi satwa liar.

Taman tersebut dibuka untuk umum pada tahun 1980, dan manajemen dipindahkan ke Pisit dan Nongnooch putra Kampon Tansacha pada tahun 2001. Taman ini sekaligus menjadi tempat penelitian kelompok tanaman di seluruh dunia. Frsilidia