Pemprov Riau Bangun 168 Jalan dan Jembatan Tahun ini

id pemprov riau, bangun 168, jalan dan, jembatan tahun ini

Pemprov Riau Bangun 168 Jalan dan Jembatan Tahun ini

Pekanbaru, (antarariau.com) - Pemprov Riau pada tahun 2013 berencana melaksananan sebanyak 168 proyek pembangunan jalan dan jembatan dengan total nilai anggaran sebesar Rp1,5 triliun.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Riau Ramli Walid di Pekanbaru, Rabu, mengatakan beberapa proyek itu ada yang bersifat meneruskan dalam penganggaran tahun jamak (multiyears) dan ditargetkan selesai tahun ini.

Sementara beberapa proyek lainnya merupakan peningkatan kondisi jalan provinsi.

"Contohnya proyek Jembatan Siak IV dan jalan aksesnya ditargetkan 100 persen selesai tahun ini," kata Ramli.

Proyek Jembatan Siak IV mendapat alokasi anggaran sebesar Rp190 miliar dari APBD Riau. Jembatan itu berlokasi di Pekanbaru yang akan melewati Sungai Siak untuk menyambung daerah pusat kota dengan daerah Rumbai Pesisir.

Proyek multiyears lainnya yang ditargetkan rampung tahun 2013 di antaranya pembangunan dinding penahan tanah Sungai Siak dengan anggaran Rp60 miliar, peningkatan Jalan Lubuk Jambi-Simpang Ibul Rp50 miliar, peningkatan Jalan Pangkalan Kasai-Lubuk Kandis Rp40 miliar, peningkatan Jalan Dumai-Lubuk Gaung Rp60 miliar, peningkatan Jalan Pujud-Mahato Rp50 miliar, dan peningkatan Jalan Bunut-Teluk Meranti Rp60 miliar.

Sementara, pembangunan jembatan yang ditargetkan rampung 100 persen di antaranya proyek pembangunan Jembatan Inuman Rp4 miliar, pembangunan Jembatan Pangean Rp10,3 miliar, Jembatan Gantung Sei Kampar, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar sebesar Rp3 miliar, Jembatan Jundul di Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru, Rp1,5 miliar, dan Jembatan Padat Karya daerah Umban Sari menuju Jembatan Siak II Rp1,5 miliar.

Selain itu, ada juga proyek jembatan yang biayanya patungan antara Pemprov Riau dan kabupaten/kota seperti proyek Jembatan Sei Batang Rp2 miliar dan Jembatan Pulau Birandang-Pasar Kampar Rp7,5 miliar.

Pembangunan jalan juga dilakukan di daerah pesisir seperti proyek jalan dan jerambah beton Desa Perigi Kecamatan Kuindra serta Desa Pelanduk Kecamatan Mandah di Kabupaten Indragiri Hilir, yang masing-masing dianggarkan Rp1,5 miliar dan Rp2 miliar.

"Beberapa proyek juga ada yang sharing dana dari APBD Riau dan dana alokasi khusus atau DAK dari pemerintah pusat lewat APBN," katanya.

Tercatat ada lima proyek peningkatan jalan yang mendapat dana DAK tahun ini, di antaranya proyek Jalan Dalu Dalu-Rantau Kasai dan Rantau Kasai-Mahato masing-masing anggaran Rp26 miliar dan Rp20 miliar yang ditargetkan pada tahun ini selesai 50 persen, serta peningkatan Jalan Dalu Dalu-Batas Sumatera Utara dengan anggaran Rp30,125 miliar.

"Kami terus berkomitmen meningkatkan kondisi infrastruktur jalan dan jembatan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata Ramli Walid.