Pemkab Bengkalis Undang Investor Pariwisata

id pemkab bengkalis, undang investor pariwisata

Pemkab Bengkalis Undang Investor Pariwisata

Bengkalis, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau mengundang investor yang bergerak dibidang jasa usaha pariwisata untuk menanam modalnya dalam memanfaatkan potensi objek wisata di daerah itu.

"Pemkab membuka peluang seluas-luasnya kepada investor dibidang jasa pariwisata untuk mengelola potensi wisata dan sangat banyak objek wisata yang belum terekspos sehingga keberadaannya kurang memberikan manfaat bagi daerah serta penduduk sekitar," kata Kepala Disbudparpora H Eduar di Bengkalis, Senin.

Ia mencontohnya Rupat Utara, Selat Baru dan Prapat Tunggal yang memiliki potensi wisata alam dan wisata bahari cukup menarik. "Disana investor bisa mengembangkan wahana outbond, watersport, permainan anak dan juga termasuk akomodasi seperti penginapan," terangnya.

Dikatakan Eduar, untuk investor yang berminat untuk pengelolaan lokasi wisata tersebut, Pemkab Bengkalis akan menyediakan lokasi serta kesepakatan pembagian hasil dengan pemerintah kabupaten.

"Kami Siap jika ada investor yang berminat. Nanti kita akan siapkan lokasi dan aturan-aturan serta pembagian hasil," ukar Eduar yang pernah menjabat Kepala BPMPD Kab. Bengkalis itu.

Eduar menambahkan, pengembangan lokasi wisata daerah tentunya dapat mengangkat taraf hidup masyarakat tempatan. Pada lokasi tersebut masyarakat bisa berperan dalam pengembangan dunia pariwisata. Salah satunya dengan menjual makanan maupun suvenir yang menjadi ciri khas Kab. Bengkalis.

"Ketika wisata berkembang, tentunya roda perekonomian masyarakat berputar. Disana masyarakat bisa mempersiapkan apa yang menjadi kebutuhan para wisatawan, sehingga masyarakat bisa langsung ikut terlibat," ungkapnya.

Selain itu, Disbudparpora saat ini juga tengah mempersiapkan pembinaan kepada masyarakat dengan program kegiatan sadar wisata serta akan melakukan pelatihan ekonomi kreatif, dengan harapan masyarakat tempatan bisa mengahasilkan produk yang disukai wisatawan. (Deri)