Menkokesra Akan Tinjau Tiga Lokasi Persiapan ISG

id menkokesra akan, tinjau tiga, lokasi persiapan isg

Pekanbaru, (antarariau.com) - Menkokesra Agung Laksono bersama Menpora Roy Suryo akan meninjau tiga lokasi persiapan Islamic Solidarity Games (ISG) pada kunjungannya di Pekanbaru, Riau, Senin (13/5).

"Ada lokasi-lokasi utama yang akan dikunjungi rombongan, yakni Stadion Utama Riau, kolam renang di Rumbai dan lokasi rencana media center di Universitas Politeknik Caltex Riau," kata Kepala Biro Setdaprov Riau, Noverius, kepada Antara.

Rencananya dalam rombongan itu juga turut hadir Ketua Komite Olimpiade Indonesia Rita Subowo, beserta panitia pusat ISG.

Mereka akan memastikan kesiapan tuan rumah, di arena pertandingan yang sebelumnya dilaporkan bermasalah. Seperti Stadion Utama Riau yang sempat disegel oleh konsorsium kontraktor akibat tunggakan hutang Pemprov Riau, dan kondisi kolam renang yang dinilai tidak standar untuk pertandingan internasional.

Ia mengatakan, ada sedikit perubahan mengenai jadwal kedatangan rombongan menteri. Menkokesra Agung Laksono yang sebelumnya dijadwalkan tiba di Pekanbaru pada pagi hari, mendadak berubah jadwalnya menjadi sore bersama kedatangan rombongan Roy Suryo sekitar pukul 14.30 WIB.

"Jadi seluruh rombongan akan tiba berbarengan," katanya.

Kedatangan rombongan menteri tersebut sangat krusial untuk memastikan apakah Riau siap menjadi tuan rumah ISG III pada tahun ini. Sebelumnya, Menpora Roy Suryo melalui media masa menyatakan lokasi penyelenggaraan dipindah ke Jakarta akibat kendala tuan rumah Riau yang tidak mungkin dibenahi dalam waktu dekat.

Namun, belakangan ini melalui mediasi dari Menkokesra Agung Laksono, pemindahan itu masih belum final atau baru sekedar wacana.

Gubernur Riau Rusli Zainal saat kunjungan terakhirnya di Stadion Utama Riau pada Minggu (12/5) mengatakan persiapan arena yang sempat diragukan, kini sudah siap digunakan.

"Berkat dukungan seluruh panita dan semua elemen masyarakat Riau, kondisi main stadium dan venues semua sudah rapi, tinggal beberapa hal yang harus dikerjakan dan kita masih banyak waktu 3-4 bulan kedepan," ujarnya.

Rusli berkeyakinan Riau sudah siap untuk menjadi tuan rumah ISG yang dijadwalkan pada 22 September 2013.

Ia meyakini kunjungan Menpora dan Menkokesra akan mendapatkan hasil positif.

"Tidak ada alasan ISG tidak di Riau," katanya.