Mengenal Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Pekanbaru Lebih Dekat - KPP BC

id mengenal kantor, pengawasan dan, pelayanan bea, dan cukai, tipe madya, pabean b, pekanbaru lebih, dekat -, kpp bc

Mengenal Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Pekanbaru Lebih Dekat - KPP BC

Pekanbaru, (antarariau.com) - Sebagai Negara berkembang yang senantiasa berbenah diri agar menjadi negara maju, Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang ikut dalam perdagangan internasional. Indonesia ikut serta dalam perdagangan internasional yang bertujuan untuk memperoleh pengakuan dunia Internasional, di samping untuk tujuan pemenuhan kebutuhan dalam negeri yang merupakan suatu hal yang mutlak harus dilakukan seperti halnya Negara-negara lain.

Dalam melaksanakan kegiatan Internasional ini, tentunya Indonesia memiliki suatu badan di bawah Kementerian Keuangan yang khusus menangani masalah impor ekspor barang, yaitu Bea dan Cukai. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai unit pelaksana tugas pokok dan fungsi Kementerian Keuangan terutama di wilayah kerja Provinsi Riau, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Pekanbaru diharapkan mampu untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi tersebut demi terwujudnya visi dari bea dan cukai yaitu menjadikan administrasi kepabeanan dan cukai dengan standar internasional dan mampu menjalankan misi yaitu mengamankan hak keuangan negara, memfasilitasi perdagangan, mendukung industri, dan melindungi masyarakat dari barang – barang yang masuk dan keluar dari wilayah Indonesia.

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Pekanbaru mempunyai tugas melaksanakan pengawasan dan pelayanan Kepabeanan dan Cukai di Propinsi Riau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 131/PMK.01/2011 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 74/PMK.01/2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Berdasarkan tugas tersebut di atas, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Pekanbaru berfungsi sebagai berikut:

1. Pelaksanaan intelijen, patroli, penindakan, dan penyidikan di bidang Kepabeanan dan Cukai.

2. Pengelolaan dan pemeliharaan sarana operasi, sarana komunikasi, dan senjata api.

3. Pelaksanaan pelayanan teknis di bidang Kepabeanan dan Cukai.

4. Pelaksanaan pemberian perjanjian fasilitas di bidang Kepabeanan dan Cukai.

5. Pelaksanaan pungutan dan pengadministrasian bea masuk, bea keluar, cukai, dan pungutan negara lainnya yang dipungut oleh Direktorat Jenderal.

6. Penerimaan, penyimpanan, pemeliharaan dan pendistribusian dokumen Kepabeanan dan Cukai.

7. Pelaksanaan pengelolaan data, penyajian informasi , dan laporan Kepabeanan dan Cukai.

8. Pengawasan pelaksanaan tugas dan evaluasi kerja.

9. Pengadministrasian kantor.

Pembinaan Sumber Daya Manusia

Reformasi yang dilakukan KPPBC Tipe Madya Pabean B Pekanbaru salah satunya adalah evaluasi secara periodik, konsisten dan berkelanjutan dalam rangka untuk pengembangan kinerja dan citra pegawai demi terwujudnya kinerja pegawai yang optimal, pencapaian target dan produktivitas maksimal dan dengan suasana kerja yang harmonis KPPBC Tipe Madya Pabean B Pekanbaru mempunyai program pembinaan dan pendekatan di bidang SDM, misalnya setiap selesai senam pagi pada hari Jumat di Aula KPPBC Tipe Madya Pabean B Pekanbaru diadakan acara Apo Cito Wai, secara bergantian berdasarkan undian setiap Jumat nya setiap Pejabat dan atau Pegawai yang terpilih wajib memberikan motivasi dalam bentuk apapun kepada seluruh pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean B Pekanbaru.

Dengan menghadirkan nuansa berbeda dalam meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar Pejabat dan Pegawai KPPBC Tipe Madya Pabean B Pekanbarupada setiap hari Rabu melaksanakan kegiatan Coffee morning. Bertempat di aula KPPBC TMP B Pekanbaru acara Coffee Morning digelar dalam bentuk santai dengan maksud memberikan suasana akrab antar Pejabat dan Pegawai Bea dan Cukai sehingga tidak tegang dan tidak sungkan untuk mengungkapkan ide serta permasalahan atau kendala yang terjadi di lapangan.Mengadakan kegiatan Character Building (Outbond) dengan tema “Satu Team Satu Visi” yang diharapkan setelah pelaksanaan Character Buildingini dapat membentuk teamwork yang solid guna menghasilkan pelayanan yang prima dan pengawasan yang optimal. Selain itu juga kegiatan formal seperti Program Pembinaan Keterampilan Pegawai (P2KP), Evaluasi Kinerja dan Apel Rutin Bulanan yang diadakan setiap tanggal 6 setiap bulan merupakan kegiatan rutin kantor untuk membina, mengembangkan dan meningkatkan kinerja pegawai lebih baik lagi.

Kinerja Pelayanan dan Penerimaan

KPPBC Tipe Madya Pabean B Pekanbaru saat ini melayani dan mengawasi sejumlah pengguna jasa yang terdiri dari 78 Perusahaan Importir Umum, 37 Perusahaan Eksportir Umum, 3 Perusahaan yang mendapatkan Fasilitas Kepabeanan, dan 14 Perusahaan Sarana Pengangkut dan tersebar di3 (tiga) Kabupaten/Kotamadya :Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, dan Kabupaten Pelalawan, yang meliputi : Pelabuhan Udara Sultan Syarif Kasim II termasuk Terminal Penumpang dan Kargo, Kantor Pos Lalu Bea Pekanbaru, Pelabuhan Laut Pekanbaru ( Pelindo ), Pelabuhan Peti Kemas Teluk Lembu ( BTA ), Kantor Bantu Pelayanan Bea dan Cukai terdiri dari :Perawang ( IKPP ), Pelindo-Perawang, Rantau Panjang ( Buatan ), Pangkalan Kerinci, Hanggar Kerinci ( RAPP ), Hanggar Futong ( RAPP ), Hanggar Buatan ( RAPP ). Sedangkan julmlah pelayanan dokumen impor dan ekspor yang sudah dilakukan yaitu : Pemberitahuan Impor Barang (PIB) mencapai 3384 dokumen dan jumlah Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) mencapai 15.273 dokumen dari bulan Januari s.d Desember 2012 sedangkan untuk tahun ini jumlah Pemberitahuan Impor Barang (PIB) mencapai 1277 dokumen dan jumlah

Pemberitahuan Ekspor Barang (PEB) mencapai 5077 dokumen dari bulan Januari s.d April 2013.

Tingginya volume kerja ini terlihat dari Kinerja Penerimaan KPPBC Tipe Madya Pabean B Pekanbaru tahun 2012 target penerimaan sebanyak 106,046 Milyar dan terealisasi 140,977 Milyar atau 129,55%, sedangkan untuk tahun ini target dinaikan menjadi 126.341 Milyardan sampai bulan April tahun 2013 terelaisasi 47,357 Milyar atau 31,54%. Dari tahun ke tahun realisasi penerimaan KPPBC Tipe Madya Pabean B Pekanbaru baik itu bea masuk, bea keluar dan pajak – pajak lainnya itu selalu melebihi target yang sudah ditetapkan.

Pengawasan dan Penindakan

KPPBC TMP B Pekanbaru, memiliki daerah pengawasan meliputi kota pekanbaru dan sekitarnya, Pelabuhan Udara Sultan Syarif Kasim II (termasuk terminal penumpang dan kargo), daerah perawang (Kelompok Industri IKPP Grup, Pelabuhan/dermaga/lokasi timbun barang impor di Perawang dan sekitarnya), daerah pangkalan kerinci (kelompok industry RAPP grup, Pelabuhan/dermaga / lokasi timbun barang impor di Buatan dan sekitarnya, Pelabuhan/dermaga/lokasi timbun barang impor di Futong), dermaga sepanjang sungai Siak (dari hulu sampai dengan perbatasan kota Siak, Kota Siak sampai dengan Muara Pak ning dibawah KPPBC Tipe Pratama Siak).

KPPBC TMP B Pekanbaru, dalam pelaksanaan tugas, berhasil melakukan penegakan peraturan (law enforcement) seperti :

1. Penindakan terhadap2 (dua) tempat penimbunan dan pengemasan rokok illegal Lokasi di Pekanbaru dengan barang bukti berupa 987.200 bungkus rokok, 1 (satu) juta keping pitacukai, 4 (empat) unit mesin pengemas (wrapping) dan 3 (tiga) kendaraan bermotor dengan Nilai Barang Rp. 7,5 Miliyar, pada tanggal 07 Maret 2012.

2. Penegahan terhadap Methamphetamin (sabu – sabu) sebanyak +/- 101 gr, dibawa oleh YF, WNI, merupakan penumpang kedatangan internasional dari Kualalumpur tujuan pekanbaru, dengan pesawat Air Asia, pada tanggal 27 Juni 2012.

3. Penegahan terhadap Methamphetamin (sabu – sabu) sebanyak +/- 512 gr, dibawa oleh RF, WNI, merupakan penumpang kedatangan internasional dari Kualalumpur tujuan pekanbaru, dengan pesawat Air Asia, pada tanggal 17 Februrari 2013.

4. Penegahan terhadap Methamphetamin (sabu – sabu) sebanyak +/- 315 gr, dibawa oleh TA bin T, WN Malaysia, merupakan penumpang kedatangan internasional dari Melaka tujuan pekanbaru, dengan pesawat Fire Fly, pada tanggal 10 Maret 2013.

Dengan telah diresmikannya KPPBC TMP B Pekanbaru sejak bulan Oktober 2011 diharapkan dapat memberikan pelayanan prima kepada para pengguna jasa kepabeanan dan cukai dengan mengimplementasikan cara kerja yang cepat,efisien,transparan dan responsif terhadap kebutuhan pengguna jasa. Berbagai hal telah dilakukan oleh KPPBC TMP B Pekanbaru dalam meningkatkan kinerja dan prestasi kerja agar tingkat kepercayaan dan apresiasi masyarakat terhadap institusi Bea dan Cukai meningkat. Dengan mengedepankan pelayanan dan kepuasan pengguna jasa adalah tujuan bagi kami, selalu melaksanakan setiap pekerjaan dengan wibawa, amanah dan penuh integritas, dan melakukan perubahan dengan terus menerus dan berkesinambungan, kiranya misi KPPBC TMP B Pekanbaru akan dapat terwujud sesuai dengan meningkatnya kinerja dan citra institusi di mata masyarakat.