Legenda Danau Sembilan Inhu Mulai Dilupakan

id legenda danau, sembilan inhu, mulai dilupakan

(antarariau.com) - Legenda danau sembilan yang tersohor pada generasi lampau kini mulai dilupakan anak-anak muda di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau padahal keberadaannya telah memperkaya khasanah budaya bangsa.

"Saya masih bisa menceritakan kisah legenda danau sembilan yang dulunya mengakar ini kepada pihak yang ingin tau dan mau menulisnya," kata Sarman S (50) salah satu tokoh masyarakat Rengat di Rengat.

Dikatakannya, danau sembilan yang melegenda di tanah Indragiri merupakan sejarah yang menarik untuk dikemukakan kembali serta dapat dijadikan salah satu objek wisata lokal jika dikembangkan dengan baik.

Danau sembilan yang tersohor bermula dari berkuasanya kerajaan Indragiri. Kisahnya terutama di wilayah Rantau Mapesai, Kecamatan Rengat, Indragiri Hulu.

Diakuinya tidak semua warga tau kisahnya, akibat dari perkembangan zaman dan majunya teknologi.

Kisah dan lokasinyapun masih tersembunyi oleh tetua zaman dahulu, sementara cerdik pandai yang ada sekarang sepertinya enggan untuk mengungkapkan kisah unik dan situs budaya ini.

Kisah danau sembilan juga pernah diceritakan oleh salah satu tokoh Masyarakat Desa Rantau Mapesai Duang (70).

Djelaskannya selama ini hanya orang- orang tua dan tokoh masyarakat yang mengetahui legenda danau sembilan ini, tepatnya lokasi danau sembilan berada di lingkaran Kota Rengat.

Jika ditelusuri ada sembilan buah danau yang jaraknya tidak terlalu jauh satu sama lainnya, tetapi jumlahnya sembilan berada melingkar mengelilingi Kota Rengat.

"Jumlah danau itu sembilan buah, posisinya tidak terlalu jauh satu dengan yang lainnya, tetapi tidak semua orang tahu. Namun jika ingin dijejaki saya masih bersedia mengungkapkannya," sebutnya.

Dikatakannya, selama ini kabupaten Indragiri Hulu memiliki sejumlah situs budaya yang melegenda disamping danau sembilan juga ada sejumlah makam yang panjangnya mencapai empat hingga lima meter.

Selain itu ada juga sejarah yang masih misterius tentang kisah dimakamkannya Raja Indragiri yang pertama beberapa abad silam

Contoh lainnya makam keramat Datuk Tempurung dan Datuk Motah yang melegenda dan tersohor hingga negara lain, karena keunikan dan kesakralannya.

Kisah kerajaan Indragiri sudah pernah ditulis namun sejarah masuknya Islam kedaerah itu belum terungkap.