Abrasi Gerus Pantai Telaga Hingga 50 Meter

id abrasi gerus, pantai telaga, hingga 50 meter

Abrasi Gerus Pantai Telaga Hingga 50 Meter

Bagansiapiapi (Antarariau.com) - Abrasi terus menggerus objek wisata Pantai Telaga Tergenang yang berada di Desa Teluk Pulai, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau hingga mencapai 50 meter dari bibir pantai dan berdampak pada cemasnya 10 KK warga berumah dipinggir pantai.

"Selama saya pindah ke sini tujuh tahun yang lalu diperkirkan 50 meter pantai terkikis dan bergeser akibat ombak besar sewaktu-waktu. Dahulu rumah ini terasa jauh dengan laut, tapi sekarang hanya beberapa meter apalagi air laut sedang pasang," ungkap tokoh warga Pantai Tergenang Abdul Karim (67) di Bagansiapiapi, Kamis.

Selain 10 unit rumah itu satu unit tempat ibadah kaum Muslim berupa mushalla juga terancam rubuh akibat ombak besar disertai badai yang datang menghantam hingga dua kali.

Akibat hantaman ombak besar itu, mushalla yang jadi sarana ibadah 60-an jiwa itu tidak dapat difungsikan lagi.

Mengatasi abrasi yang makin mengancam perumahan warga, Abdul Karim mengemukakan, pihak Pemkab Rohil perlu segera membangun turap di sepanjang pantai sekitar 500 meter yang rawan akan abrasi.

Turap dimaksud sebagai penahan gelombang dan ombak sehingga abrasi tidak semakin meluas hingga ke rumah sepuluh unit yang berhadapan langsung dengan perairan laut lepas bagian Timur Sumatera tersebut.

"Atas nama warga kami minta Pemkab Rohil membangun turap sebagai penahan ombak besar. Panjang turap yang dibangun kita harapkanlah sekitar lima ratusan meter sehingga kami yang tinggal di sini merasa aman dan tidak was-was," ujarnya.

Ia menyatakan ombak besar kadang datang tiba-tiba. Setelah turap dibangun, lingkungan pantai yang berpasir putih akan terpelihara sehingga wisatawan banyak yang datang. Tidak seperti saat ini, sudah seperti pantai lumpur.

Kepala Desa Teluk Pulai Sutarno yang dihubungi terpisah mengemukakan pihaknya mengharapkan dan mengusulkan kepada Pemkabt agar dilakukan pembangunan turap di sepanjang pantai Telaga Tergenang.