Sky Tutup Rute Dumai-Batam

id sky tutup, rute dumai-batam

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Maskapai penerbangan komersial Sky Aviation terpaksa menutup rute Batam-Dumai-Batam yang sempat diterbangi pesawat Fokker 50 karena belum mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan.

"Dari hasil evaluasi yang kami lakukan, ternyata rute Batam-Dumai-Batam belum efisien sehingga manajemen memutuskan untuk menutup rute ini sementara," ujar General Manager Marketing Sky Aviation Sutito Zainudin melalui seluler kepada Antara di Pekanbaru, Jumat.

Dia menjelaskan bahwa Sky sendiri terbang ke Dumai untuk yang kedua kalinya setelah sebelumnya pada akhir tahun 2011 menutup rute Batam-Dumai-Batam.

Kini, rute Pekanbaru-Dumai-Pekanbaru dibuka berkerja sama dengan Pertamina yang dilakukan lima kali dalam sepekan atau terhitung Senin hingga Jumat dan penerbangan perdana dilakukan pada hari Senin (3/6).

Pesawat yang digunakan tetap berjenis sama, yakni Fokker 50 berkapasitas 48 orang penumpang dan Sky memiliki lima unit pesawat tipe yang sama dari 11 unit yang dimiliki saat ini.

"Rute Dumai-Batam diterbangi Sky dengan sendiri atau tanpa ada bantuan atau kerja sama dengan pemerintah kota di dua daerah, baik Kota Batam maupun Kota Dumai, sehingga terasa berat bagi Sky yang merintis rute penerbangan baru," katanya.

Pada akhir 2011, Sky melayani penerbangan Dumai-Batam menggunakan Fokker 50 dengan frekuensi sebanyak dua kali dalam sepekan. Pada tahun 2012, manajemen Sky bersama Pemerintah Kota Dumai kembali sepakat membuka rute tersebut.