SMKN 1 Dumai Peroleh Adiwiyata Mandiri Nasional

id smkn 1, dumai peroleh, adiwiyata mandiri nasional

(antarariau.com) - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Kota Dumai, Riau, memperoleh penghargaan Adiwiyata Mandiri kategori sekolah berwawasan lingkungan tingkat nasional.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Dumai, Basri selaku pembina SMKN 1, Senin, mengatakan, penghargaan itu dijadwalkan diterima Kepala Sekolah dan diserahkan langsung Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta.

Kesuksesan meraih predikat sekolah berwawasan lingkungan tingkat nasional, menurut Basri, tidak terlepas dari semangat dan dorongan Wali Kota Khairul Anwar yang menginginkan ada perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di semua lingkup kehidupan masyarakat.

Penghargaan ini merupakan yang kedua kali bagi SMKN 1 Dumai setelah pada 2012 dianugerahi predikat yang sama oleh pemerintah pusat.

"Pelajar SMKN 1 berhasil mempertahankan penghargaan selama dua tahun berturut-turut, berkat kerja keras sekolah dan motivasi yang diberikan kepala daerah," kata Basrii.

Keberhasilan sekolah yang beralamat di Jalan Cut Nyak Dien, Kecamatan Dumai Barat ini juga disebabkan mampu memberikan pembinaan pengelolaan, penataan dan perlindungan lingkungan kepada 10 sekolah lainnya di Dumai untuk mewujudkan sekolah berbasis lingkungan.

Adiwiyata Mandiri diperoleh SMKN 1 Dumai karena dinilai baik dalam melakukan kegiatan penghijauan, pengelolaan serta kegiatan daur ulang sampah agar menjadi sesuatu yang bernilai.

"Penilain lainnya yang menjadikan SMKN 1 Dumai meraih penghargaan karena juga memasukkan materi pelajaran yang berkaitan dengan lingkungan kedalam kurikulum pendidikan sekolah," terang Basri.

Basri mengharapkan, dengan tampilnya SMKN 1 Dumai menjadi yang terbaik di tingkat nasional, akan dapat memotivasi sekolah lain untuk menerapkan sekolah berwawasan lingkungan dan mewujudkan Dumai yang bersih semarak dan indah sesuai visi dan misi daerah.