Keberangkatan Dua Pesawat Dibatalkan Akibat Kabut Asap

id keberangkatan dua, pesawat dibatalkan, akibat kabut asap

Keberangkatan Dua Pesawat Dibatalkan Akibat Kabut Asap

Dumai, (Antarariau.com) - Bandara Pinang Kampai Dumai, Riau, membatalkan keberangkatan dua pesawat akibat ketebalan kabut asap sebagai dampak pembakaran hutan dan lahan di kota itu.

Kepala UPT Bandara PK Dumai Catur Hargowo, Rabu, mengatakan akibat jarak pandang udara di bawah 1.000 meter, pihaknya membatalkan keberangkatan dua maskapai pesawat yakni Sky Aviation dan Pelita Air.

Pesawat Fokker 50 milik maskapai Sky Aviation dijadwalkan berangkat dari Bandara PK sekitar pukul 09.15 WIB dengan rute Dumai-Pekanbaru.

Sementara itu, maskapai pesawat carteran Pelita Air dengan jenis Cassa tujuan Dumai-Jakarta dijadwalkan berangkat pada pukul 10.00 WIB.

"Kami cancel keberangkatan dua pesawat pagi ini karena jarak pandang udara tidak sampai seribu meter akibat kabut asap," kata Catur kepada Antara.

Dia menjelaskan, kondisi asap sudah mencapai ketebalan yang ekstrem dan tidak ideal untuk melakukan penerbangan pesawat.

"Bandara tidak kami tutup, hanya membatalkan dua pesawat yang membawa penumpang masyarakat umum dan karyawan Pertamina dan Chevron," ungkap Catur.

Kepala Bidang Kehutanan Dinas Pertanian dan Kehutanan Dumai Hadiyono menyampaikan NOAA-18 menangkap hotspot sebanyak 3 titik api di wilayah kota Dumai.

"Kami masih berusaha memadamkan api dengan menurunkan tiga tim regu pemadam kebakaran di sejumlah lokasi yang terjangkau," terang Hadiyono.