Menhut Akan Tinjau Karhutla di Riau

id menhut akan, tinjau karhutla, di riau

Pekanbaru, (antarariau.com) - Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan dijadualkan akan meninjau langsung peristiwa kebakaran hutan atau lahan di Provinsi Riau.

"Menurut informasi yang kami terima, Menhut akan datang bersama Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi pada 3 Juli mendatang," kata Kepala Bidang Kedaruratan pada BPBD Riau, E. Tarigan kepada Antara di Pekanbaru, Rabu siang.

Namun kata dia bisa saja kunjungan mereka dipercepat mengingat kebakaran hutan di Riau semakin menjadi-jadi.

Soal kebakaran hutan atau lahan ini, demikian Tarigan, Dinas Kehutanan Riau sebelumnya telah memberikan gambaran melalui surat dinas.

"Termasuk juga ke Kementerian Lingkungan Hidup karena permasalahan kebakaran lahan juga berada di Kementerian LH," katanya.

Sementara mengenai rencana pemerintah Malaysia untuk membicarakan soal kasus kebakaran hutan atau lahan dalam waktu dekat, Tarigan mengaku belum mendapat informasi itu.

"Bisa jadi itu rencana pemerintah Malaysia, namun yang jelas kami belum mendapatkan informasi tersebut secara resmi. Baiknya, pemerintah di dearah juga diberitahu mengingat kasus kebakaran lahan terjadi di Riau," katanya.

Sebelumnya laman resmi milik pemerintah Malaysia mengabarkan Datuk Seri Najib Tun Razak akan menggelar pertemuan dengan sejumlah menteri dari Indonesia, Brunei, Singapura dan Thailand untuk membahas masalah kabut asap yang merupakan dampak dari kebakaran hutan atau lahan di Sumatera.

Kabut asap sisa kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dikabarkan juga telah sampai ke Singapura.