20 Calon Haji Dumai Batal Berangkat

id 20 calon, haji dumai, batal berangkat

Dumai, (antarariau.com) - Kementerian Agama Kota Dumai, Provinsi Riau, menyatakan bahwa sebanyak 20 orang calon haji dipastikan batal berangkat pada Musim Haji 2013 karena beberapa alasan.

"Sebanyak 20 peserta dari 304 calon haji, kuota tahap pertama, dipastikan batal berangkat ke Tanah Suci, karena beberapa faktor," kata kata Zakaria, Kasi Urusan Agama Islam dan Penyelenggaraan Ibadah Haji pada Kemenag Dumai, Rabu.

Dari 20 orang yang batal berangkat itu, empat di antaranya meninggal dunia, sedangkan dua orang lainnya terlambat melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) hingga batas waktu terakhir dan sisanya mengundurkan diri karena ingin berangkat pada musim haji tahun depan, katanya.

Ia mengatakan bahwa calon haji yang batal berangkat tersebut belum diputuskan apakah dilakukan penggantian dengan mengambil nomor urut porsi pendaftaran atau tidak sama sekali.

Sebab, sejauh ini Kemenag Dumai masih menunggu keputusan final pengurangan kuota Jamaah Haji Indonesia yang ditetapkan oleh Pemerintah Arab Saudi, katanya.

"Kami belum bisa memastikan apakah 20 orang calon haji batal berangkat ini harus digantikan atau tidak, sebab harus menunggu keputusan final pengurangan kuota calon haji Indonesia," terang Zakaria.

Menurutnya, jika pengurangan kuota haji Indonesia tetap diberlakukan, maka dapat dipastikan akan berpengaruh terhadap berkurangnya jumlah kuota calon haji asal Dumai.

Sebelumnya, jatah kuota haji Dumai ditetapkan sebanyak 326 orang, dan pada tahap pertama sudah diumumkan sebanyak 304 orang. Sedangkan jumlah antrean sudah mencapai dua ribuan pendaftar untuk keberangkatan hingga tahun 2020.

Zakaria menyatakan jumlah calon haji yang diberangkatkan ke tanah suci Mekkah pada musim haji tahun ini diambil berdasarkan nomor kursi pendaftaran yang ditetapkan oleh Kementrian Agama RI.

"Calon haji tahap pertama semuanya sudah melunasi biaya ongkos haji, dan kini telah memasuki tahap pembekalan manasik haji di tingkat kecamatan," ujarnya.