Dumai Tetapkan Status Siaga Satu Bencana Asap

id dumai tetapkan, status siaga, satu bencana asap

Dumai Tetapkan Status Siaga Satu Bencana Asap

Dumai, (Antarariau.com) - Walikota Dumai, Provinsi Riau Khairul Anwar menetapkan status siaga satu di daerah itu akibat bencana kabut asap dampak kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Bagian Humas dan Infokom Dumai, Muhammad Wazir kepada Antara, Kamis mengatakan, status siaga satu resmi diberlakukan hari ini hingga dalam batas waktu kondisi cuaca mulai membaik.

"Walikota sudah menetapkan status siaga satu bencana kabut asap mulai efektif hari ini," kata Wazir.

Kabag Humas menjelaskan, sebelum menetapkan status siaga satu, Pemkot menggelar Rapat Kordinasi (Rakor) penanggulangan dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan bersama seluruh instansi vertikal dan SKPD terkait.

Rakor yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Dumai, Said Mustafa tersebut memutuskan, semua pihak harus bersama-sama membantu pemadaman Karhutla yang terjadi di wilayah Dumai.

Selain itu, meminta Dinas Kesehatan untuk terus memantau kualitas udara dan membagikan masker ke masyarakat luas guna mencegah lebih banyak lagi penderita penyakit saluran pernafasan dan tenggorokan.

"Untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan, pemerintah mendirikan posko terpadu penanggulangan bencana asap yang akan berfungsi pemusatan semua petugas dan tenaga pengendalian karhutla," terang Wazir.