RAPP Bantu Padamkan Kebakaran Lahan Di Riau

id rapp bantu, padamkan kebakaran, lahan di riau

Pekanbaru, (antarariau.com) - Perusahaan industri kehutanan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melakukan upaya bersama dengan masyarakat setempat untuk memadamkan kebakaran lahan di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

"Perusahaan berkomitmen untuk berperan aktif dalam membantu pemerintah dan masyarakat dalam memadamkan kebakaran yang terjadi di luar konsesi perusahaan," kata Direktur RAPP Mulia Nauli di Pekanbaru, Kamis.

Ia menjelaskan, tim reaksi cepat pemadam kebakaran turut membantu masyarakat untuk melakukan pemadaman kebakaran di lahan milik warga. Ia menyadari, proses tersebut juga akan membantu mencegah agar kebakaran dari lahan warga merambat ke dalam konsesi perusahaan.

Menurut Mulia, perusahaan sebelumnya juga telah melakukan pelatihan terhadap masyarakat sekitar daerah konsesi yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Api (MPA) untuk menumbuhkan kesadaran kebijakan pembukaan lahan tanpa bakar.

Dengan begitu, ia berharap masyarakat akan mengerti bagaimana mendeteksi sedini mungkin adanya sumber api yang dapat menyebabkan bahaya kebakaran hutan, dan tahu bagaimana merespon serta melakukan reaksi cepat untuk pemadamannya.

"Mitigasi penanggulangan bahaya kebakaran ini menjadi penting dan perlu untuk disosialisasikan kepada Masyarakat Peduli Api," kata Mulia Nauli.

Sementara itu, ia mengatakan hingga kini konsesi perusahaan belum ada yang terbakar. Meski begitu, ia mengatakan perusahaan selalu melakukan patroli udara dan darat untuk memastikan upaya pencegahan kebakaran dapat optimal di area konsesinya.

Bahkan, ia mengatakan RAPP tidal mau main-main untuk berinvestasi dalam pencegahan kebakaran.

"RAPP telah berinvestasi lebih dari 1,5 juta dolar AS untuk peralatan pengelolaan hutan tanpa bakar termasuk juga melakukan pelatihan-pelatihan," katanya.

Ia menambahkan, perusahaan berkomitmen untuk melakukan pendekatan yang proaktif dengan mengintegrasikan teknologi pengelolaan hutan lestari dengan sistem deteksi dini dalam manajemen pencegahan kebakaran.