Polres Dumai Larang Ormas Sweeping Selama Ramadhan

id polres dumai, larang ormas, sweeping selama ramadhan

Polres Dumai Larang Ormas Sweeping Selama Ramadhan

Dumai, Riau, (antarariau.com) - Kepolisian Resor (Polres) Kota Dumai, Riau mengimbau organisasi masyarakat (Ormas) dan kelompok massa yang ada untuk tidak melakukan "sweeping" (razia) sepihak selama bulan Ramadan.

Kapolres Dumai AKBP Yudi Kurniawan melalui Kasat Binmas AKP Saharuddin Zk Senin mengatakan, hal itu bertujuan untuk menjaga kondusifnya keamanan dan menjaga kesucian bulan Ramadan yang penuh rahmad dan berkah.

"Instruksi Kapolri ditujukan kepada Ormas, kelompok massa dan masyarakat umum lainnya untuk menjaga keamanan lingkungan dan larangan melakukan aksi sweeping selama bulan suci ramadan," kata Saharuddin, kepada Antara.

Dia menjelaskan, polisi akan bertindak tegas sesuai aturan hukum berlaku jika ada ormas maupon kelompok massa tertentu melakukan sweeping atau bentuk pelanggaran lainnya.

Kepolisian berharap masyarakat dapat menghormati bulan Ramadan dengan tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum atau main hakim sendiri.

"Bagi masyarakat yang mengetahui ada tindakan main hakim sendiri atau sweeping oleh ormas tertentu, diharapkan untuk melaporkan ke polisi," kata AKP Saharuddin.

Kepolisian mengajak masyarakat untuk banyak berbuat kebaikan selama Ramadan supaya ketenangan dan kenyamanan beribadah umat muslim Dumai.

Sejauh ini, AKP Saharuddin menjelaskan, kondisi keamanan kota Dumai dirasa masih aman dan jauh dari potensi aksi ormas yang melakukan tindakan sepihak dan main hakim sendiri.