Dahlan Iskan Ikuti Gropyokan Tikus

id dahlan iskan ikuti gropyokan tikus

 Dahlan Iskan Ikuti Gropyokan Tikus

Sleman, (Antarariau.com) - Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan, Minggu, ikut turun dalam kegiatan gropyokan hama tikus di Dusun Berjo, Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Yogyakarta bersama petani setempat.

Kegiatan ini dalam rangka upaya PT Petrokimia Gresik dan Kementerian BUMN dalam rangka meningkatkan hasil pangan dengan Penyelamatan Hasil Panen.

Direktur Utama PT Petrokimia Gresik (PKG) Hidayat Nyakman mengatakan, saat ini PKG telah membentuk brigade hama dalam program "Gerakan Peningkatan Produksi Pangan" berbasih korporasi melalui anak perusahaan Petrokimia Kayaku dan Petrosida Gresik.

Ia mengatakan, gropyokan tikus dilakukan karena melihat petani di DIY yang hasilnya kurang maksimal akibat sistem pertanian yang tidak menganut pola "Pari, Pari, Pantun".

"Artinya sebuah sistem pertanian harus bersiklus, setelah dua kali tanam padi harus diganti dengan jenis komoditas pertanian lain untuk memutus pergolakan hama tikus. Sebenarnya jika petani mau merubah pola sistem pertaniannya, hasilnya akan lebih baik karena itu dapat memutus serangan tikus," katanya.

Sedangkan Dahlan Iskan mengatakan, diharapkan para petani dapat menanam padi dengan waktu tanam serentak untuk mengurangi serangan hama tikus.