Sawit Rakyat Riau Raih Sertifikat RSPO

id sawit rakyat, riau raih, sertifikat rspo

Sawit Rakyat Riau Raih Sertifikat RSPO

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Asosiasi Petani Sawit Swadaya Amanah di Kecamatan Ukui Kabupaten Pelalawan, Riau, memperoleh sertifikat dari "Roundtable of Sustainable Palm Oil (RSPO)" untuk pengelolaan kebun kelapa sawit yang berkelanjutan.

"Ini adalah pertama kali kebun sawit yang dikelola rakyat secara swadaya di Indonesia mendapat sertifikasi RSPO, dan kedua di dunia" kata Humas WWF Program Riau, Syamsidar, di Pekanbaru, Minggu.

Ia mengatakan, sertifikat tersebut dikeluarkan RSPO untuk kebun petani tersebut pada 29 Juli 2013.

Berdasarkan data dari Kementerian Pertanian, lebih dari 40 persen total produksi kelapa sawit Indonesia berasal dari perkebunan rakyat. Spesifik di Riau, sekitar 1,1 juta hektar lahan kebun kelapa sawit dikelola oleh petani, dimana 76 persen diantaranya dikelola oleh petani swadaya.

Menurut Syamsidar, salah satu hambatan terbesar bagi petani untuk menuju pengelolaan berkelanjutan adalah kurangnya informasi dan pemahaman mengenai teknologi pertanian.

Alternatif untuk mengatasi hambatan tersebut adalah melalui peningkatan pengetahuan dan produktivitas petani swadaya. Melalui upaya ini diharapkan perluasan lahan kebun sawit dengan cara tidak lestari dapat ditekan.

Secara terpisah, CEO dari WWF-Indonesia Dr. Efransjah, mengatakan WWF-Indonesia memandang petani swadaya sebagai bagian penting dalam industri sawit di Indonesia. Ia mengharapkan program sertifikasi RSPO yang ditempuh Asosiasi Amanah dapat diadopsi lebih luas dan menjadi contoh pengelolaan kebun sawit yang berkelanjutan bagi petani swadaya lainnya di Indonesia.

Dengan dukungan dari Kementerian Pertanian, Pemerintah Daerah Riau, RSPO, dan WWF-Indonesia memfasilitasi pembentukan Asosiasi Petani Sawit Swadaya Amanah sebagai perintis sertifikasi RSPO bagi petani swadaya, setelah melalui proses identifikasi yang dilakukan sejak 2011. Program itu juga turut didukung oleh pihak swasta, yakni Carrefour Foundation International dan PT. Inti Indosawit Subur dari Asian Agri.